Notification

×

Iklan

Iklan

Kota Bandung Kini Punya Lima Kampung Toleransi

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:02 WIB Last Updated 2022-01-19T09:02:52Z

Caption :Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan Prasasti Kampung Toleransi di RW 08 Kelurahan Kebon Jeruk Kecamatan Andir. 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan Prasasti Kampung Toleransi di RW 08 Kelurahan Kebon Jeruk Kecamatan Andir. Peresmian ini menambah jumlah kampung toleransi yang ada di Kota Bandung menjadi lima.

Dalam acara peresmian, Yana mengapresiasi hadirnya kampung toleransi di Bandung. Ia juga menyampaikan hadirnya kampung toleransi ini merupakan warisan dari pendahulunya, Alm. Oded M. Danial.


“Ini pembuktian bahwa toleransi di Kota Bandung sangatlah tinggi. Dan sebagai informasi, kita tidak pernah membeda-bedakan (warga Bandung) dari agamanya,” ungkap Yana di Vihara Tanda Bhakti, Rabu 19 Januari 2022.


Selain tingkat toleransi yang tinggi, Yana juga meyakini Kota Bandung diisi masyarakat dengan jiwa kepedulian serta gotong royong tinggi. Ia mengenang lonjakan pandemi Covid-19 pertengahan 2021 silam sebagai contoh nyata.


“Masyarakat saling bantu (melawan pandemi) tanpa membeda-bedakan suku, ras, dan agama. Mereka bantu tetangga dan teman-temannya di situasi yang tidak mudah,” ucapnya


Yana berpesan, hadirnya kampung toleransi ini juga mesti dibarengi tumbuhnya nilai-nilai toleransi itu sendiri, khususnya di Kota Bandung.


Selain itu, ia berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Bandung untuk tetap menjaga toleransi dan menurunkan tradisi ini sampai ke generasi berikutnya.


“Terima kasih sudah sama-sama menjaga toleransi di Bandung yang luar biasa. Toleransi adalah salah satu warisan leluhur yang harus kita jaga,” pesannya.


Sementara itu, Tan Tjong Boe selaku pihak tuan rumah dari Vihara Tanda Bhakti menyebut peresmian ini sebagai peristiwa sejarah yang luar biasa. 


Senada dengan Yana, ia juga menyebut toleransi merupakan bentuk kekuatan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar.


“Dari golongan besar, kecil, semuanya perlu menjaga toleransi. Ini merupakan salah satu upaya menguatkan bangsa Indonesia,” ujarnya.


Sebagai informasi, sebelumnya Kota Bandung telah empat lokasi yang menjadi kampung toleransi. Antara lain Jalan Ruhana RW 08 Kelurahan Paledang Kecamatan Lengkong, Jalan Luna Kelurahan Jamika Kecamatan Bojongloa Kaler, Jalan Sasak Gantung Kelurahan Balonggede Kecamatan Regol dan Kompleks Dian Permai RW 11 Kelurahan Babakan Kecamatan Babakan Ciparay.


Peresmian kampung toleransi kelima di RW 08 Kelurahan Kebon Jeruk Kecamatan Andir ini juga dimeriahkan oleh penampilan barongsai dan disaksikan masyarakat sekitar Vihara dengan tetap menjaga protokol kesehatan. (Rie/Red)

×
Berita Terbaru Update