Notification

×

Iklan

Iklan

Ini 3 Fungsi Kuningan Command Center Yang Diresmikan Gubernur

Senin, 31 Januari 2022 | 09:18 WIB Last Updated 2022-01-31T02:18:42Z

Caption : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi  Bupati Kuningan H. Acep Purnama saat meresmikan Kuningan Command Center 
 
KUNINGAN.LENTERAJABAR.COM
,--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Kuningan Command Center dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kuningan pada Minggu (30/1/2022).

Command center tersebut menurut pria yang akrab disapa Kang Emil bakal difungsikan sebagai pusat komando bagi Bupati Kuningan Acep Purnama dalam menentukan dan memutuskan kebijakan di daerah.

"Keren. Pak Bupati, command center ini nanti digunakan oleh Pak Bupati sebagai pusat komando dalam pengambilan berbagai keputusan," kata Kang Emil.

Ia menerangkan ada 3 fungsi utama dari command center tersebut. Selain sebagai pusat komando, tempat itu juga akan menjadi pusat data daerah, lokasi untuk memantau kondisi di lapangan hingga sarana berkomunikasi dengan masyarakat.

"Dari sini Pak Bupati bisa melihat data dari perangkat daerah apakah sudah memenuhi standar yang diharapkan, melihat situasi dan kondisi di lapangan baik melalui CCTV ataupun media informasi dan sebagai alat komunikasi dengan masyarakat," ungkapnya.

Kuningan Command Center sendiri terletak di area Pendopo Bupati. Tempat ini selesai dibangun pada pertengahan Desember 2021 kemarin. Berbagai macam perangkat IT juga telah terpasang.

Bupati Kuningan Acep Purnama menyampaikan apresiasinya kepada Ridwan Kamil yang telah menyediakan sarana command center tersebut. Ia berharap tempat itu bisa dimanfaatkan untuk memantau semua perkembangan yang ada di Kabupaten Kuningan.

"Melalui komunikasi cepat dengan seluruh perangkat daerah kami bisa membahas situasi Kabupaten Kuningan melalui data-data yang ada," singkatnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M,Si menjelaskan kondisi Command Center saat ini setelah pembangunannya selesai dilaksanakan.

“Command center Kabupaten Kuningan alhamdulillah saat ini sudah selesai dilaksanakan. Selain sudah terpasang 8 titik CCTV publik yang terintegrasi dengan Command Center, kami juga bekerjasama dengan Jabar Digital Service dan Sumedang Command Center untuk mengisi aplikasi didalamnya. Selain itu dalam rangka menuju Kuningan Smart City, kami juga sudah membuat satu aplikasi KUDA SIWINDU (Kuningan Cerdas, Aplikasi Wahana Transformasi Kehidupan Baru).

Lebih lanjut Wahyu menambahkan, “Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi teknologi komunikasi. Untuk itu kedepan kami tentu akan memaksimalkan Command center ini, tentu dengan penambahan aplikasi sesuai dengan kebutuhan” katanya.

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama juga mengapresiasi atas terbangunnnya Command Center, dan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Gubernur Jawa Barat tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Acep,Alhamdulillah, tahun ini kuningan telah memiliki Command Center. Dengan adanya Command center ini kami dapat memantau setiap perkembangan di Kabupaten Kuningan.  Melalui komunikasi cepat dengan seluruh perangkat daerah kami bisa membahas situasi Kabupaten Kuningan melalui data-data yang ada. 

Acep juga berharap kedepan pengembangan command center dapat segera dilaksanakan sehingga jalan-jalan dan obyek wisata di kabupaten kuningan dapat terpantau melalui cctv publik. Atas kebijakan Pak Gubernur yang telah memperhatikan Kabupaten Kuningan kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya,pungkas Bupati. (Rie/Ril)

×
Berita Terbaru Update