.

Kontribusi Besar Sektor Perikanan dan Kelautan Bila Dimaksimalkan Terhadap Pendapatan Daerah


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menilai perlu upaya yang konkret untuk memacu pengembangan usaha di sektor perikanan baik ikan laut maupun ikan darat.Beberapa daerah di Jabar sektor perikanan sudah berkembang cukup lama.

DPRD Provinsi Jabar melalui  Komisi III yang membidangi Keuangan ini,salah satu mitra kerjanya Dinas Kelautan dan Perikanan yang mana Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini berkontribusi terhadap penerimaan Sektor Kelautan dan perikanan.

Sangatlah realistis jika pemerintah mempunyai program konkrit untuk penguatan usaha di sektor perikanan. Salah satunya Kabupaten Subang saat ini menjadi daerah sentra perikanan,banyaknya potensi perikanan dan kelautan juga berimplikasi pada banyaknya sektor UMKM terutama di sektor pangan yang mengelola usaha dari bahan baku sektor perikanan dan kelautan.

Anggota Komisi III Hj. Sumiyati,S.Pd.i.,M.I.Pol yang membidangi Keuangan ini, Pihaknya mendorong optimalisasi sektor perikatan dan kelautan agar dapat di manfaatkan semaksimal mungkin sehingga meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di sektor perikanan naik hal ini membuat ketahanan ekonomi di Jabar menjadi lebih  baik,tutur politisi perempuan partai berlambang banteng moncong putih ini melalui telepon selulernya.

Menurut anggota legislatif (Aleg) DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Demokasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini pengembangan usaha di sektor perikanan dan kelautan,perlu terus dilanjutkan apalagi di masa pandemi, diharapkan bisa meningkatkan hasil produksi yang berdampak terhadap peningkatan ekonomi,tutur Bunda Sum sapaan akrabnya.

Lebih lanjut dikatakan Bunda Sum, dengan peningkatan sumber daya berupa peralatan dan teknologi dengan maksimal akan membuahkan hasil yang baik, mengingat letak strategis Jawa Barat  yang memiliki potensi besar sektor perikanan dan kelautan, terutama di laut selatan ini belum di gali lebih banyak,tutur alumni lulusan Magister Ilmu Politik Universitas Padjdjaran (Unpad) ini 

Hal ini, sesuai dengan Renstra DKP 2018-2023, yaitu meningkatnya produksi , nilai tambah dan daya saing prodik kelautan dan perikanan, hal yang mesti disiapkan adalah dukungan pengadaan bibit ikan yang berkualitas.Jika produk ikan dari Jabar, memenuhi aspek kualitas, hambatan pemasaran dapat diminimalisir,tuturnya.

Ditambahkannya untuk mendukung pemanfaatan potensi tersebut pihaknya berharap, Pemprov Jabar menambah jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) dan dukungan anggaran untuk memastikan potensi-potensi dari sektor kelautan dan perikanan sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal,pungkas wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Jabar VIII meliputi Kota Bekasi dan Kota Depok ini.(Rie/AdPar)