.

Ayo Daftar ! PWI Jabar Buka Kesempatan Bagi Wartawan Untuk Bergabung Menjadi Anggota


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat kembali membuka kesempatan bagi wartawan untuk bergabung menjadi anggota PWI. Perekrutan calon anggota ini dilakukan melalui  kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) yang akan digelar pada bulan Desember 2021 ini.

Ada dua kategori OKK yang akan digelar. Pertama, OKK khusus level pimpinan di redaksi, yakni mulai dari redaktur hingga pemimpin redaksi. Kedua adalah OKK reguler, yakni OKK yang diperuntukkan  bagi wartawan pemula. 

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jabar, Ahmad Syukri menjelaskan, OKK khusus level pimpinan itu akan digelar pada tanggal 17 Desember 2021. Sedangkan OKK reguler akan dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 21 Desember 2021.

“Kedua OKK ini ada sedkit perbedaan. Khusus untuk OKK level pimpinan redaksi akan dilakukan secara daring. Sedangkan OKK reguler tetap sama dengan pelaksanaan OKK Sebelumnya yakni secara offlline atau tatap muka,” jelasnya usai sosialisasi melalui zoom meeting dengan para ketua PWI kab/kota se- Jawa barat, Senin 6 Desember 2021.

Pria yang akrab disapa Arie ini menambahkan, PWI Jawa Barat sengaja memberikan akses kemudahan bagi wartawan yang sudah berada pada level pimpinan di redaksi untuk masuk menjadi anggota PWI. 

“Ini awalnya adalah aspirasi dari sejumlah PWI di kabupaten/kota di Jawa Barat. Mereka membutuhkan sosok yang kredibel dan memilki kapasitas serta kredibilitas yang telah teruji untuk bergabung dengan PWI di daerah. Sehingga dengan bergabungnya para pemimpin di level redaksi ini akan menambah jaringan dan potensi kemajuan bagi organisasi PWI,” papar Arie.

Maski begitu, kata dia, calon yang akan mengikuti OKK Khusus itu wajib mendapat rekomendasi pengurus PWI setempat. Karena, pengurus PWI setempat lah yang mengetahui kualitas dan kapasitas calon anggota tesebut.

“Calon peserta wajib mendapat rekomendasi dari PWI setempat. Karena mereka lah yang mengetahui kualitas, kredibilitas serta sepak terjang kesehariannya. Jika menurut mereka layak, maka akan diberikan rekomendasi. Jika tidak maka dianggap belum memenuhi standar untuk mengikuti OKK khusus. Dan mereka yang direkomendasikan adalah yang berhak mengikuti OKK khusus tersebut,” ujarnya.

PWI Jabar, lanjut Arie, memang membutuhkan sosok anggota baru berkualitas dan profesional. Sehingga akan membawa kemajuan bagi organiasi.  

“Kami ingin benar-benar selektif dalam hal ini. Itulah mengapa rekomendasi itu wajib sifatnya,” tambahnya.

Sementara itu, ketua Panitia OKK PWI Jabar tahun 2021, Iswan Darsono menambahkan, panitia juga telah menyiapkan modul ujian bagi para redaktur dan pemimpin redaksi. 

“Materinya mungkin tidak akan sama dengan peserta pemula. Karena ada penyesuaian-penyesuaian mengingat level mereka sudah di pimpinan redaksi. Sedangkan untuk pemula, materinya juga akan disesuaikan,” kata Darsono.

Dan untuk kelas reguler akan dilaksanakan dua hari tanggal 20-21 Desember 2021, di Aula PWI Jabar, Jalan Wartawan II, No 23 A, Kota Bandung.

Lebih lan jut dikatakan Darsono, terhitung sejak Senin 6 Desember telah membuka pendaftaran. Dan akan ditutup pada tanggal 12 Desember 2021 mendatang.

“Pendaftaran sudah kita buka terhitung hari ini. Bagi yang berminat untuk ikut serta silahkan menghubungi panitia,” ungkapnya.

Terkait persyaratan, sambungnya, tidak jauh berbeda dengan kegiatan OKK sebelumnya yaitu peserta harus mengisi formulir pendaftaran, menyertakan surat keterangan dari redaksi, status perusahaan dan rekomendasi dari PWI setempat (daerah masing-masing).

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi:

Wawan Ruswana 0818220162, Yayat T Supiat 081320266609, Iswan Darsono 081321530786 dan Ghiok Riswoto 081222155500.(Ril/Red)