.

Daddy Rohanady Anggota Komisi IV Berharap ,Tol Cisumdawu dan Akses BIJB Cepat Tuntas

Caption : Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jabar, Daddy Rohanady

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka akan mengeliat apabila akses jalan ketempat tersebut cepat rampung.

Kehadiran  ruas Jalan Tol Cisumdawu akan terhubung dengan jalan tol akses BIJB Kertajati, sehingga dapat mengurangi waktu tempuh dari Bandung dari sekitar 3 jam menjadi 1 jam. Dengan konektivitas yang semakin meningkat maka operasional bandara akan semakin meningkat dan kompetitif, sehingga diharapkan bisa menggantikan Bandara Husein Sastranegara di Bandung.

Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu ditargetkan dapat diopresionalkan sebelum akhir tahun 2021, untuk itu, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR terus mengebut penyelesaian pekerjaannya. 

Menyikapi hal tersebut Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady  saat di minta tanggapannya melalui telepon seluler Jumat 5 November 2021 mengatakan,terjadi keterlambatan pembangunan jalan tol itu, faktor utama adalah masalah pembebasan lahan.Namun, kini permasalahan lahan sudah hampir beres, untuk itu kita sangat berharap agar pembangunan Tol Cisumdawu berserta Tol akses ke BIJB Kertajati juga selesai sebelum akhir tahun 2021 ini.

Keberadaan, BIJB Kertajati sejak diresmikan beropresional tahun 2018 lalu, hingga kini kurang dimanati oleh para penumpang karena jarak tempuh. Ada beberapa faktor, yaitu pertama, masalah akses transportasi dari Bandung ke BIJB Kertajati,  Kedua  terdampak kasus pandemi covid 19, sehingga keberadaan BIJB Kertajati semakin terpuruk, jelas Daddy politisi senior Partai Gerindra ini.

Lebih lanjut dikatakan legislator partai berlambang burung garuda ini,kita tentunya tidak ingin keberadaan BIJB Kertajati berlama-lama  dalam kondisi terpuruk karena tidak adanya aktifitas penerbangan,menginggat sudah sangat besar  anggaran yang di gelontorkan dari APBD Jabar buat membangun BIJB Kertajati tersebut,tegas Daddy yang juga Wakil Ketua Fraksi Gerindra Persatuan DPRD Provinsi Jabar.

Ditambahkan wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Jabar XII ini untuk itu, DPRD Jabar sangat mendorong percepatan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu berserta Tol Akses ke BIJB.Kalau jalan tol Cisumdawu sudah selesai dan operasional, tentunya akan ada aktifitas penerbangan dari dan ke BIJB Kertajati,harap Daddy. 

Keberadaan Tol Cisumdawu selain sangat mendukung dari dan ke BIJB Kertajati,juga  mendukung pengembangan kawasan “Segitiga Emas” Cirebon-Subang-Majalengka (Rebana) sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan baru,pungkas Daddy Rohanady.(Rie/AdPar)