Notification

×

Iklan

Iklan

BUMDes Dapat Gerakan Ekonomi Desa

Sabtu, 20 November 2021 | 20:46 WIB Last Updated 2021-11-20T13:46:03Z

Caption: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat mengunjungi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Haurwangi Bersatu di Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

CIANJUR.LENTERAJABAR.COM
, -- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengunjungi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Haurwangi Bersatu di Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jumat (19/11/2021). 

Dalam kunjungan tersebut, Pak Uu --sapaan Wagub Jabar-- mengapresiasi BUMDesma Haurwangi Bersatu karena mampu menggerakkan perekonomian masyarakat desa dengan mengelola destinasi wisata, toko pakaian, dan bidang usaha lain. 

"Jawa Barat ekonominya maju. Tapi selain maju, ingin juga merata. Salah satu solusinya dengan menggenjot BUMDes agar ekonomi di desa menggeliat, daya beli masyarakat meningkat. Kalau BUMDes hebat, bakal mengangkat martabat masyarakat," kata Pak Uu.

BUMDesma Haurwangi Bersatu sendiri menaungi beberapa desa yakni Desa Haurwangi, Cihea, Kertasari, Kertamukti, dan Sukatani. Pak Uu pun mendorong BUMDes yang sudah maju untuk berbagi resep kesuksesan dengan BUMDes lain. 

Pak Uu pun mengatakan bahwa Pemda Provinsi Jabar saat ini terus berupaya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian perdesaan. Selain BUMDes, Pemda Provinsi Jabar intens mendorong lahirnya Desa Wisata. 

"Majunya perekonomian desa penting untuk kemajuan ekonomi masyarakat desa, sehingga menekan urbanisasi," ucapnya. "Bila desa maju, masyarakat bisa tetap tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia," tambahnya.

Sementara itu, Camat Haurwangi Adang Sumaryai menuturkan bahwa pihaknya memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayahnya, mulai dari karang taruna, RT/RW, sampai masyarakat, untuk bersama-sama mengelola potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada. 

Berkat kebersamaan tersebut, perekonomian desa-desa di Kecamatan Haurwangi terus bergerak. Salah satu unggulan Kecamatan Haurwangi adalah Wisata Pokland Haurwangi yang merupakan destinasi wisata di kawasan hutan pinus. 

"Bapak Wagub dapat men-support Desa Haurwangi, agar dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata tingkat nasional," ucap Adang.

Kepala Desa Haurwangi Dede Supyanudin mengucapkan terima kasih kepada Pemda Provinsi Jabar yang terus mendorong desa-desa di Jabar untuk maju.(Rie/Red)


×
Berita Terbaru Update