.

Command Center Satgas Citarum Sabet Penghargaan Bhumandala

Caption : Kadis Lingkungan Hidup Prima Mayaningtias dan Kadis Komunikasi dan Informatika Jabar Setiaji saat menerima Bhumandala Award dari Badan Informasi Geospasial di Grand Mercure Hotel Jakarta

JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
, – Pemda Provinsi Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar) kembali menorehkan prestasi melalui Bhumandala Award yang diselenggarakan Badan Informasi Geospasial (BIG) di Grand Mercure Hotel Jakarta, Jumat (29/10/2021).

Badan Informasi Geospasial (BIG) memberikan penghargaan berdasarkan beberapa kreteria pada  Command Center Satgas Citarum menggaet penghargaan sebagai Bhumandala Inovasi Terbaik.

Penghargaan Bhumandala Inovasi Terbaik tersebut diterima  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Prima Mayaningtias dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Setiaji menerima penghargaan bergengsi tersebut.

"Alhamdulillah inovasi terbaik untuk Command Center Satgas DAS Citarum. Visi misi Jabar Juara Lahir Batin melalui inovasi dan kolaborasi ini terwujud melalui kolaborasi Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kominfo Jabar," kata Prima.

Dikatakan Prima, melalui Command Center PPK DAS Citarum mendapatkan sumber data informasi mengenai perkembangan Citarum.

"Berpuluh tahun kita atasi Citarum di sepanjang 297 kilometer sungai di 13 kabupaten kota perlu mengintegrasikan semua kegiatan untuk menyelesaikan pencemaran dan kerusakan dalam kurun waktu 5 tahun," ujar Prima.

Melalui Command Center, PPK DAS Citarum dapat memanfaatkan data yang terintegrasi guna melakukan perencanaan kegiatan dan bahan evaluasi sehingga tujuan dapat tercapai.

Sementara itu, Setiaji mengatakan kolaborasi merupakan kata-kata yang mudah diucapkan tapi tak mudah dilakukan. Namun pada ajang tersebut pihaknya dapat membuktikan dengan mewujudkan kolaborasi menjadi sebuah prestasi.

"Alhamdulillah kami dapat membuktikan Jabar Juara Lahir Batin dengan inovasi dan kolaborasi. Melalui Command Center jadi inovasi bisa menyelesaikan masalah lokal dan nasional. Mari berkolaborasi agar karya makin optimal," tutur Setiaji.

Untuk diketahui, Bhumandala Award atau Penghargaan Bhumandala dilaksanakan dalam rangka apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah berhasil mengembangkan dan menerapkan inovasi pemanfaatan informasi geospasial.

Kepala BIG, Moh. Aris Marfai mengatakan, informasi geospasial merupakan unsur penting dalam pengambilan kebijakan.

"Perlu kita ketahui informasi geospasial mempunyai tugas untuk pelaksanaan proses yang berhubungan dengan geospasial dan informasi geospasial dasar. Malam ini kita melaksanakan bhumandala award untuk memotivasi seluruh daerah,"ujarnya.

Menurut dia, geospasial membutuhkan upaya dan biaya besar. Tapi pada kesempatan tersebut ternyata banyak daerah yang menggunakannya,pungkas Moh. Aris Marfai.(Red/Rie)