.

bjb Solo Local Festival Dorong Pelaku UMKM


SOLO,LENTERAJABAR.COM
, -- Sebagai wujud nyata apresiasi terhadap insan wirusaha Indonesia, bank bjb menggelar bjb Solo Local Festival di Kota Solo, Selasa 21 September 2021. Rangkaian acara tersebut bertujuan untuk menjaring dan membina para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) wilayah Solo dan sekitarnya agar dapat memajukan usaha mereka hingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Dalam acara ini, dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kota Surakarta dan bank bjb tentang pemanfaatan produk, jasa dan layanan perbankan yang ditandatangani oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming dan Direktur Komersial & UMKM bank bjb Nancy Adistyasari kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) bank bjb berupa 10.000 paket Covid-19 Kit untuk pelajar di Kota Surakarta oleh Direktur Komersial & UMKM bank bjb Nancy Adistyasari yang diterima oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming.

Sebagai bentuk nyata dukungan terhadap UMKM, dilakukan penyerahan Kredit Usaha Rakyat/KUR (Super Mikro, Mikro & Kecil) dengan total realisasi sebesar Rp555 juta, yang terdiri dari KUR Super Mikro yang diserahkan oleh Direktur Komersial & UMKM bank bjb Nancy Adistyasari kepada Debitur UMKM bank bjb Faturohman Kusumasmoro Pengusaha Batik di Serengan Solo, Penyerahan KUR Mikro yang diserahkan oleh Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi kepada Debitur UMKM bank bjb Triyono Peternak Kambing (Pola Kemitraan Dengan PT. Agro Investama), KUR Kecil yang diserahkan oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming kepada Esti Mulyanti Perdagangan Ikan Asin Pasarlegi Solo serta penyerahan QRIS oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo kepada Debitur UMKM bank bjb Anizzar Komunitas Crafter Soloraya. Acara turut dihadiri oleh Eko Yunianto selaku Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo.

Turut digelar kegiatan talkshow, dengan tema “Ide Peluang Usaha Kreatif dan Inovatif Bagi Generasi Muda” yang mengulas soal kewirausahaan di kalangan pemuda, tentang hambatan yang muncul dan upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan guna menumbuhkan bisnis dengan inovasi digital. Pembicara yang hadir di antaranya adalah Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi, pelaku usaha dan industri kreatif yakni Widia Rosena, Erix Soekamti dan Faradhila Ayu. 


Penyerahan penghargaan bagi sembilan UMKM terpilih melalui gelaran bjb Solo Local Festival yang diikuti oleh para pelaku UMKM berusia 17-45 tahun di bidang kuliner, fesyen, dan kriya. Dari seluruh pendaftar, telah dipilih sebanyak sembilan UMKM pemenang dari ketiga kategori di atas. Pemenang telah diseleksi melalui penjurian bisnis yang ditimbang berdasarkan sejumlah unsur. Meliputi inovasi usaha, portofolio usaha, presentasi usaha, juga dampak kebermanfaatan usaha yang dilakukan pada lingkungan sekitarnya.

“Keberlangsungan usaha para pelaku UMKM di tanah air menghadapi tantangan serius di tengah pandemi Covid-19. Stimulasi terhadap sektor usaha yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional ini mutlak diperlukan, bank bjb juga telah mengimplementasi program Pemberdayaan UMKM yang dilakukan secara berkelanjutan dengan melibatkan Pemerintah Daerah pada tingkat desa bersama komunitasnya sehingga akan langsung berdampak pada kompetensi UMKM, dimana bjb Solo Local Festival menjadi momentum kickoff kepada pelaku UMKM di Soloraya ini,” ungkap Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi.

Lebih lanjut Yuddy menambahkan "bjb Solo Local Festival adalah salah satu bentuk dukungan bank bjb untuk mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional, sesuai dengan paket kebijakan Indonesia atas dampak Covid-19. Sekaligus juga mendukung program Kemenparekraf #BeliKreatifLokal untuk fokus dalam membangun UMKM dan generasi muda Indonesia demi mewujudkan ketangguhan ekonomi nasional," ujar Yuddy.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menyampaikan “Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan bank bjb, luar biasa kontribusinya untuk UMKM di Kota Solo, saya yakin UMKM di Indonesia, khususnya di Kota Solo bisa survived dan semakin sustained, melalui acara bjb Solo Local Festival diharapkan dapat mendorong UMKM untuk naik kelas dan menjadi momentum dalam pemulihan ekomoni di masa pandemi.” tutup Gibran.

Pelaksanaan acara bjb Solo Local Festival dilaksanakan secara hybrid, secara offline dihadiri oleh 50 orang dan online dihadiri lebih dari 200 peserta secara virtual melalui platform zoom dan youtube bank bjb serta tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti disediakannya perangkat pencegahan penyebaran Covid-19 dan juga disediakannya pelaksanaan swab bagi seluruh tamu  undangan yang hadir. ***