.

Pemkab Bekasi Gercep Lakukan Tahapan Untuk Isi 64 Jabatan Kosong

Caption : Pejabat Bupati Bekasi Dani Ramdan (tengah) saat memberiak arahan kepada jajaran ASN Pemerintah Kabupaten Bekasi 

KABUPATEN BEKASI.LENTERAJABAR.COM
,--Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai melakukan gerak cepat (gercep) tahapan pengisian 64 jabatan kosong dalam tempo sebulan ke depan guna optimalisasi berjalannya roda pemerintahan.

Pejabat Bupati (Pj) Bekasi Dani Ramdan mengatakan,pihaknya sudah memberi pengarahan kepada pejabat eselon III, minggu lalu eselon II juga sudah. Kita ingin roda pemerintahan (Kabupaten Bekasi) ini berjalan maksimal agar pembangunan juga bisa berjalan selaras,ungkapnya, Senin (23/8/2021).

Menurut Dani, kekosongan puluhan jabatan di Kabupaten Bekasi mulai dari eselon II B, III A dan B, hingga IV A dan B itu cukup mengganggu jalannya roda pemerintahan terutama dalam hal optimalisasi penyerapan anggaran kegiatan pembangunan tahun ini.

Lebih lanjut dikatakannya,sejak awal satu bulan pertama saya fokus pengendalian Covid-19 yang dalam sepekan terakhir ini semakin terkendali. Maka selanjutnya kita mulai mengisi kekosongan jabatan agar kegiatan pembangunan utamanya pemulihan ekonomi dampak Covid-19 berjalan optimal,paparnya.

Dia memastikan, pengisian kekosongan jabatan struktural dilakukan profesional, proporsional, objektif, transparan, dan tidak transaksional dengan melibatkan unsur tim penilai sebagai pembantu dalam mengkaji serta memberikan rekomendasi terhadap proses penempatan jabatan baik struktural maupun fungsional.

Mereka antara lain Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Asisten Daerah III Bidang Adminstrasi, Kepala Inspektorat serta dirinya selaku Pejabat Bupati Bekasi.

Dani menjelaskan, pengisian kekosongan jabatan terlebih dahulu dilakukan dengan merotasi sejumlah jabatan untuk mengetahui kompetensi pejabat yang bersangkutan,tuturnya seraya menerangkan dari situ kita akan mengetahui kebutuhan berdasarkan kompetensi aparatur. Baru yang kosong segera kita isi,jelasnya

Ditambahkanya untuk jabatan eselon II A atau Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi saya masih menunggu surat resmi dari KASN terkait pelaksanaan seleksi pemilihan sebelumnya," katanya.

Jabatan eselon II akan diisi melalui skema lelang jabatan terbuka lewat sejumlah tahapan mulai dari pendaftaran peserta, serangkaian tes, hingga hasil seleksi dan pengumuman.

"Pejabat eselon II hasil open bidding nanti diharapkan betul-betul diisi oleh PNS-PNS terbaik yang kompeten sesuai bidangnya, punya track record bagus, berintegritas, serta komitmen untuk bersama-sama membangun Kabupaten Bekasi,"pungkas Dani mantan Kabiro Pamerintahan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jawa Barat  ini.(Ris/Red)