.

Mantan Danpaspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto Jabat Pangdam III Siliwangi


Caption :Mayjen agus subiyanto-kiri dan mayjen nugroho budi wiryano kanan (Foto: istimewa/dokumentasi Pendam III Siliwangi

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,--Berdasar Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/684/VIII/2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia sejumlah perwira tinggi di lingkungan Angkatan Darat  sebagai dalam keterangan tertulis dari Puspen TNI, Selasa (3/8/2021). Mutasi ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karir serta pengoptimalan tugas-tugas TNI.

Salah satu perwira tinggi (pati) tersebut Mayjen TNI Agus Subiyanto resmi menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi. Tugas utama yang akan diemban yakni mempercepat proses vaksinasi.

Selain telah dilakukannya sertijab, resminya Agus menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi juga ditandai dengan upacara penyerahan pasukan Kodam III Siliwangi. Mayjen TNI Nugroho menyerahkan secara resmi para pasukan Kodam III Siliwangi kepada Mayjen Agus. Upacara penyerahan itu digelar di Lapangan Markas Kodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung pada Sabtu (21/8/2021).

"Prosesi-prosesi itu menandakan sudah resmi bapak Panglima (Pangdam) menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi," ucap Kapendam III Siliwangi Kolonel FX Sri Wellyanto kepada media.

Welly mengatakan sebagai Pangdam yang baru, eks Danpaspamres ini berkomitmen untuk turut membantu pengendalian COVID-19 di Jabar dan Banten. Salah satunya proses percepatan vaksinasi di Jabar.

"Tentunya akan ikut serta. Terutama percepatan vaksinasi dan isolasi terpusat. Begitu juga dengan proses tracing," tutur Welly.

Mayjen Agus, pria yang lahir di Cimahi ini merupakan lulusan Akmil tahun 1991. Lulus dari Akmil, dia langsung berkarir di Kostrad dan korps baret merah atau Kopassus. Dia memegang amanah sebagai Komandan Batalyon 22 Grup 2 Kopassus.

Mayjen Agus juga pernah ditugasi menjadi Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta. Mayjen Agus kemudian ditugaskan mengisi berbagai tempat, mulai Wakil Asops Divisi 2 Kostrad (2011), Asops Kasdam I/Bukit Barisan (2014), Komandan Resimen Induk Kodam II/Sriwijaya (2017), Komandan Korem 132/Tadulako (2017), dan Wadanpussenif Kodiklatad (2019). Mayjen Agus juga pernah menjabat sebagai Komandan Korem 061/Surya Kencana.

Agus resmi menyandang pangkat Mayjen saat ditunjuk menjadi Komandan Paspampres (Danpaspampres) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (8/12/2020).

Mayjen Agus juga aktif menggelar program vaksinasi untuk keluarga anggota Paspampres dan masyarakat. Salah satunya lewat gerai vaksinasi di Markas Komando (Mako) Gambir, Jakarta Pusat.(Dbs/Ril)