.

Aleg Elin Terima Aspirasi Kelompok Tunas Mekar Soal Budidaya Ikan

Foto: Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Elin Suharliah saat reses di Kp. Mekarwangi, Desa Sariwangi Kec. Parongpong Kab. Bandung Barat.

PARONGPONG KBB.LENTERAJABAR
,--Pandemi Covid-19 yang melanda masyarakat dunia selama hampir satu setengah tahun, terus menekan perekonomian masyarakat. Budidaya ikan lele bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjaga kestabilan finansial dan ketahanan pangan di masa pandemi seperti halnya yang dilakukan kelompok ternak ikan Tunas Mekar di Kp. Mekarwangi, Desa Sariwangi Kec. Parongpong Kab. Bandung Barat (KBB).

“Pada kesempatan ini saya memberikan peluang bagi kelompok ini barangkali nanti bisa mengajukan hibah kepada Gubernur sesuai dengan slot yang ada, yaitu untuk pengembangan ikan lele maupun ikan nila," ujar Anggota DPRD Jawa Barat, Hj. Elin Suharliah saat jaring aspirasi dalam rangka Reses III Tahun Sidang 2020-2021, Kamis (5/8/2021).

Elin menambahkan, saat ini masyarakat yang tergabung dalam kelompok ternak ikan Tunas Mekar cukup antusias dalam kegiatan budidaya. Namun begitu mereka masih kesulitan dalam pengembangan kolam bibit.

Menurut Anggota Komisi III yang membidangi keuangan ini,selain itu para pembudidaya ini juga kesulitan dalam mendapatkan bibit ikan serta harga pakan yang saat ini dirasakan cukup mahal,jelas srikandi partai berlambang banteng moncong putih ini.

“Untuk pengembangan ikan, bisa mengajukan hibah secara online, mudah – mudahan saya selaku anggota DPRD Provinsi Jawa Barat bisa mengawal agar bantuan ini bisa terealisasi menjadi APBD," tambah Elin.

Budidaya ikan lele dinilai cukup menjanjikan dimasa pandemi ini mengingat komoditi lele termasuk ikan dengan pemeliharaan yang cukup sederhana. Selain itu, Ikan lele yang mengandung protein cukup tinggi ini memiliki  daya tahan tubuh yang kuat serta jarang terserang penyakit.(Rie/Red)