.

Ketua DPRD Jabar: Pancasila Bukan Cuma Hapal, Tapi Diamalkan

Caption : Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-- Patut disyukuri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki Pancasila sebagai falsafah bangsa dan negara.Setiap tanggal 1 Juni kini diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Pada hari lahirnya Pancasila ini, DPRD Jabar mengajak masyarakat agar terus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Dengan Pancasila, bangsa Indonesia  bisa damai. Meski berbeda suku dan agama, tetap tidak bertikai. Bahkan bangsa lain ingin meniru, penuh apresiasi. Sebagai kalimatun sawa' yang sarat dengan nilai tinggi.

Ketua DPRD Jabar, Taufik Hidayat, berharap seluruh lapisan masyarakat dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegera. "Saya kira sudah semuanya sudah hafal Pancasila, tetapi yang penting mau melaksanakan sila 1 hingga 5. Kalau itu dilaksanakan, InsyaAllah negara kita makmur," kata Taufik di Bandung, Selasa (1/6/2021)

Pancasila tetap harus menjadi sumber nilai. Bukan hanya dihapal tapi harus direalisasi. Dengan cara infiltrasi nilai ke dalam diri pribadi. Penuh semangat untuk kebaikan NKRI. Supaya bangsa ini bisa berpartisipasi tanpa henti. Ciptakan hidup dan kehidupan bermartabat tanpa henti.

Ia menilai Pancasila tidak hanya sekadar lambang negara semata, tetapi dapat dijadikan pedoman berkehidupan bernegera. Di samping itu, dalam rangka Parlemen Mengabdi, DPRD Jabar melombakan podcast dan monolog bagi peserta didik tingkat SMA atau sederajat dengan mengusung teman Kelahiran Pancasila.

Ditambahkan politisi partai berlambang burung garuda ini,"Kami(dprd-red) juga memfestivalkan tentang Pancasila, berarti itu menandakan begitu pentingnya Pancasila dan wawasan kebangsaan,"jelas wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Jabar XI meliputi Kabupaten Sumedang,Majalengka dan Subang (SMS) ini.

Menurut Taufik di momentum Hari Lahir Pancasila,Ia berharap semua masyarakat tetap sehat, pandemi Covid-19 segera berakhir, dan pemulihan ekonomi mampu memberikan dampak positif. Kemudian, Pancasila dapat dilaksanakan oleh semua lapisan masyarakat terutama Jabar.

Perlu di ketahui istilah Pancasila mulai diperkenalkan di sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Sidang pertama BPUPKI berlangsung pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Kemudian, Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara dan ditetapkan dalam Undang Undang Dasar (UUD) 1945.(Rie/Red)