.

Kadiv Pankes Saygas Marion : Cegah Kegawatan, Deteksi Dini COVID-19 ke Fasyankes

Caption : Kadiv Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Jabar Marion Siagian.

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Ketua Divisi Penanganan Kesehatan (Pankes) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar Marion Siagian mengatakan,selain memperkuat sistem kesehatan, Ia pun menekankan pentingnya kesadaran masyarakat mendeteksi dini COVID-19 untuk menekan risiko kematian. 

Lebih lanjut dikatakannya deteksi dini bisa dilakukan dengan memahami gejala-gejala COVID-19. Jika menderita salah satu gejala, segera lakukan skrining di fasyankes terdekat tutur Marion dalam Podcast Juara. 

Dilansir situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gejala COVID-19 paling umum adalah demam, batuk kering, dan rasa lelah. Gejala lainnya yakni hidung tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan kehilangan penciuman. Gejala-gejala yang dialami biasanya bersifat ringan dan muncul secara bertahap.

Marion mengatakan, saat ini, banyak pasien COVID-19 yang datang ke rumah sakit dalam keadaan gawat dengan saturasi oksigen yang rendah, sehingga pasien telat mendapatkan penanganan dan mengakibatkan kematian. 

"Yang harus kita waspadai, sekarang banyak yang masuk rumah sakit itu yang agak berat, punya komorbid. Atau yang masih muda datang dalam fase yang sudah berat dan kritis," ucapnya. 

Oleh karena itu, Marion mengimbau kepada masyarakat untuk mengetahui gejala-gejala COVID-19 dan langsung melakukan skrining apabila mengalami gejala COVID-19. Dengan begitu, pasien COVID-19 akan cepat mendapatkan penanganan dan perawatan.(Rie/Red)