Notification

×

Iklan

Iklan

Atasi Penambahan Kasus Covid-19,Jabar Siapkan Penambahan Kamar dan Nakes

Selasa, 08 Juni 2021 | 06:34 WIB Last Updated 2021-06-07T23:44:40Z

Caption : Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat Daud Achmad (Foto : Ist)

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,–Pemda Provinsi Jawa Barat terus menyiapkan diri guna mengantisipasi skenario terburuk yakni kondisi rumah sakit  akibat lonjakan kasus COVID-19 setelah libur lebaran. 

Di RSUD Al Ishan Bandung yang merupakan rumah sakit provinsi, Pemda Provinsi Jabar bekerja sama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Barat akan menambah 37 tenaga perawat. Kamar perawatan khusus pasien COVID-19 juga akan ditambah 40 unit. 

Menurut Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat Daud Achmad, sediannya Al Ihsan akan menambah 40 kamar itu sejak lama. Namun karena semua perawat sudah full tugas, penambahan kamar itu tak kunjung terealisasi. Kini dengan kerja sama PPNI masalah kekurangan SDM terjawab. 

“Di Al-Ihsan 150 sudah full. Mau nambah 40 kamar terkendala SDM. Kami bekerja sama dengan PPNI, insyallah hari ini ada penambahan 37 tenaga kesehatan khusus untuk menambah kamar di Al-Ihsan 40 (kamar),”kata Daud di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (7/6/2021).

Penambahan perawat dari PPNI, kata Daud, tidak hanya buat Al Ihsan saja tapi juga rumah sakit rujukan COVID-19 lain yang membutuhkan SDM. “Kemudian di rumah sakit lain silahkan (kami terbuka). Apa yang ada masalah di daerah kita pecahkan bersama,” katanya. 

Di luar SDM, Daud menyebut penanganan COVID-19 di rumah sakit relatif terkendali. Obat dan alat – alat medis masih cukup dan aman. 

“Seminggu ini Pak Sekda rapat dengan kepala dinas kabupaten/kota serta direktur rumah sakit. Disampaikan bahwa secara umum ketersediaan obat dan perlengkapan tidak masalah,” kata Daud.

Sementara itu, mengenai tingkat keterisian kamar untuk pasien COVID-19 atau Bed Occupancy Rate (BOR) secara umum naik. Dari yang tadinya hanya 39 persen pada pekan lalu naik menjadi 49 persen per Ahad (6/7/2021).  

“79,9 persen untuk di level merah. Jadi di kategori merah dan ICU memang tinggi. Hanya secara umum memang ada kenaikan. Per kemarin ada sekitar 49 persen BOR-nya. Seminggu lalu itu masih di angka 39 persen. Bisa dibayangkan sehari ada naik antara 1-2 persen,” jelasnya.

Mantan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat ini,selalu menginggatkan kepada masyarakat untuk senantiasa disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) dengan menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) 5M yaitu ; Memakai Masker,Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir,Menjaga jarak,Menjauhi kerumunan dan Mengurangi aktivitas,pungkasnya.(Rie/Red)

×
Berita Terbaru Update