.

Perkuat Permodalan bank bjb Salurkan KUR kepada Peternak dan Petani di Priangan Timur


TASIKMALAYA.LENTERAJABAR.COM
,–bank bjb terus memberikan dukungan terhadap upaya pemulihan ekonomi, khususnya bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam rangka menyambut kebangkitan ekonomi dari dampak pandemi COVID-19. Dukungan diberikan termasuk kepada para petani dan peternak yang merupakan bagian dari pelaku usaha berskala kecil.

Bertempat di Koperasi Mustika Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Kamis (11/2/2021) , bank bjb menyepakati perjanjian kerja sama (PKS) pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Koperasi Mustika Galunggung untuk menunjang kebutuhan usaha Anggota Koperasi Mustika Galunggung untuk pembiayaan sektor pertanian dan peternakan di kawasan Priangan Timur.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi dengan Ketua Koperasi Mustika Galunggung Sarimaya. Penandatanganan PKS turut dihadiri oleh CEO Regional 3 bank bjb Nunung Suhartini, Pemimpin bank bjb Kantor Cabang (KC) Singaparna Sugiardi, dan Pemimpin bank bjb KC Tasikmalaya Ade Ruhafah.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan kerja sama ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari komitmen bank bjb dalam memberikan dukungan usaha bagi para pelaku UMKM. Peran peternak dan petani yang merupakan bagian dari pelaku UMKM sangatlah signifikan sebagai pilar perekonomian nasional, terutama di tengah tantangan pandemi COVID-19.

"Menjadi salah satu komitmen bank bjb dalam berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong kemajuan UMKM diharapkan dengan suntikan permodalan dari pemanfaatan fasilitas layanan dan jasa keuangan perbankan, para mitra pelaku UMKM bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih baik, sehingga pertumbuhan ekonomi daerah tercapai," kata Widi.

Dalam kesempatannya, Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi menyampaikan bahwa langkah pembiayaan dengan pola kemitraan yang dilakukan bank bjb ini merupakan perwujudan dari komitmen bank bjb mendorong laju perekonomian daerah khususnya di Provinsi Jawa Barat sekaligus bentuk dukungan penuh terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada sektor ketahanan pangan yang terbukti tangguh di tengah tantangan pandemi.

Kerja sama antara bank bjb dengan Koperasi Mustika Galunggung bertujuan untuk meningkatkan skala usaha peternak ayam dan petani padi dengan metode kemitraan dari hulu hingga hilir, berupa dukungan dari masa awal produksi hingga pemanfaatan hasil ternak dan panen. Koperasi Mustika Galunggung sendiri didirikan sebagai wadah atau sarana komunikasi antar peternak ayam petelur dan pedaging dan petani padi wilayah Priangan Timur. *