.

Hilman Ketua PWI Jabar : Penting Masuk Organisasi Kewartawaan

Caption: Ketua Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI) PWI Jawa Barat Hilman Hidayat saat membuka kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) di Aula PWI Jabar jalan wartawan II Kliningan Buah Batu Bandung


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI) PWI Jawa Barat melaksanakan  kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) Kamis-Sabtu ((14-16/1/2021) di Aula PWI Jabar jalan wartawan II Kliningan Buah Batu Bandung.

Kegiatan ini dikuti sebanyak 125 wartawan dari berbagai media baik cetak maupun online dari berbagai perwakilan daerah.OKK ini dibuka langsung oleh Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat ini dibagi ke dalam tiga angkatan.

Hilman Hidayat sangat mengapresiasi pengurus terutama panitia yang telah mengelola kegiatan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. Menurutnya, OKK sebagai sarana untuk mengenalkan anggota kepada organisasi PWI. 

Ia menegaskan ada dua syarat utama untuk menjadi anggota PWI. Pertama, calon anggota secara syah dirujuk oleh medianya masing-masing. Dalam hal ini media yang bernaung di perusahaan yang telah berbadan hukum. “Hal tersebut sesuai dengan UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers,” ujarnya.

Syarat kedua, imbuhnya, calon anggota harus memiliki keahlian sebagai seorang yang berprofesi wartawan, yakni cakap menulis berita. “Jadi, keduanya harus dipenuhi. Baik dari sisi administrasi maupun keahlian,” tutur Hilman.

Hilman juga menegaskan agar para wartawan mengindahkan nilai-nilai universal kegiatan jurnalistik yang ada prinsipnya mengacu pada UU Pers dan Kode Etik Jurnaliastik. Contohnya tidak membuat berita bohong atau berita dengan itikad tidak baik.

Terakhir Hilman mengingatkan akan pentingnya masuk ke dalam organisasi wartawan. Salah satunya, ketika ada kesalahan dalam pemberitaan ada yang memperjauangkan. Apa lagi iklim pers ke depan harus betul-betul memenuhi aturan-aturan.

Yang lebih penting lagi ujar Hilman, setiap anggota PWI harus bisa menjaga marwuah organisasi. Makanya anggota PWI harus dibekali pemahaman keorganisasian.

Sementara Ketua Panitia OKK Yayat T Supiat dalam laporannya menjelaskan pihaknya menargetkan  peserta 60 namun menginggat tingginya animo yang mau mengikuti kegiatan ini  melampaui hingga lebih dari 120 pendaftar,jelas Boy sapan akrab pria ini biasa di sapan rekanya.

Lebih lanjut dikatakan Yayat,menginggat ini masa pandemi Covid-19 maka untuk itu dalam pelaksanaannya dibagi ke dalam tiga angkatan, terang pengurus PWI Jabar bidang advokasi ini yang juga pimpinan media online Formasnews.com  

Dalam kesempatan tersebut Boy berharap peserta yang turut dalam kegiatan OKK tersebut 100 persen lulus dan dapat bergabung menjadi anggota PWI Jawa Barat.

Sehingga ke depan para peserta OKK dapat menjadi penerus dalam mengembangkan PWI Jabar lebih baik serta sumber daya wartawan yang berkualitas,tuturnya.

Yayat menambahkan, jika tak aral melintang kegiatan OKK juga akan kembali digelar pada Maret 2021 mendatang.Hal ini tak lain untuk mengakomodir peserta yang tidak tertampung pada prnyelenggaraan OKK kali ini.(Red)