Notification

×

Iklan

Iklan

ASITA Tetap Optimis Meski Pandemi,Sektor Wisata Tetap dibutuhkan Masyarakat

Kamis, 07 Januari 2021 | 20:11 WIB Last Updated 2021-01-07T13:11:14Z

Caption: Ketua Asita Jabar Budijanto Ardijansyah

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-- ASITA ( Association of  The Indonesian Tours & Travel Agencies)  pada 7 Januari 2021 genap berusia 50 Tahun. Memasuki tahun keemasan di masa pandemi Covid 19 bukan perkara mudah, jelas Ketua Asita Jabar Budijanto Ardijansyah dari ruang kerjanya. 

Lebih lanjut di katakannya tahun 2020 merupakan Tahun yang sulit untuk semua bidang usaha akibat Pandemi Covid19.Sektor pariwisata menjadi sektor yang paling terdampak.Namun ditengah Pandemi ini kita harus tetap bangkit menjaga optimisme, ungkap Budijanto.

Menyambut Tahun 2021 sektor Pariwisata harus menjadi sektor yang pertama pulih jangan jadi sektor yang terakhir pulih. Dalam hal kepulihan sektor pariwisata banyak faktor yang terlibat, terutama peran pemerintah.

Dikalangan ASITA sendiri bila berbicara secara nasional hampir 90% Travel Agent tiarap di tahun 2020 termasuk di Jawa Barat.Karena hampir seluruh negara melakukan pembatasan perjalanan, sehingga warga masyarakat tidak bisa melakukan perjalanan ke luar negeri bahkan di dalam negeri.

Wisatawan asing masuk Indonesia sangat drastis berkurang, termasuk juga larangan berkumpul dan berkerumun membuat bisnis travet agent sangat terpuruk. Banyak travel agent yang melakukan PHK, pengurangan karyawan, dan merumahkan karyawan.

Anggota ASITA di Jawa Barat berjumlah lebih dari 700 mengalami stagnasi yang luar biasa, karena hampir tidak aktivitas di bidang perjalanan dari mulai Bulan Maret hingga saat ini. Walaupun ada yang sudah operasional dengan skala terbatas.

Seharusnya ada sedikit peluang dan harapan di penghujung 2020 namun justru ada kebijakan baru dari Pemerintah yang melarang wisatawan masuk Indonesia dan ini membuat makin terpuruk.

ASITA Jabar di Tahun 2020 telah melakukan banyak upaya yang berkenaan dengan anggota.
Diantaranya langkah-langkah untuk memberikan optimisme seperti berkoordinasi dengan pemerintah melalui Dinas dalam rangka penyaluran sembako bagi karyawan ASITA.

Program ASITA Care juga jadi tumpuan donasi bagi kepentingan anggota.
Di tahun 2021  memasuki usia ke 50, ASITA Jabar terus bergiat melakukan pelatihan dari genre Inbound ,Outbound, Umroh, Haji maupun MICE.

Budijanto menegaskan di Tahun 2021 insan pariwisata harus siap menghadapi situasi pasca Pandemi Covid-19 menggapai keemasan 50 Tahun.**

 

×
Berita Terbaru Update