.

Presiden Jokowi umumkan 6 menteri baru Kabinet Indonesia Maju


JAKARTA.LENTERAJABAR.COM, -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengenalkan menteri-menteri barunya. Ini adalah reshuffle kabinet pertama Jokowi untuk Kabinet Indonesia Maju.

Pengumuman nama-nama menteri baru Jokowi ini digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2020).

"Bapak, ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu, saya akan memperkenalkan satu per satu," kata Jokowi.

Beberapa menteri baru Jokowi adalah Tri Rismaharini atau Risma sebagai Mensos hingga Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Risma menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi dana bansos Corona, sedangkan Trenggono mengisi posisi Edhy Prabowo yang kena kasus dugaan korupsi terkait ekspor benur.

Dikutip dari Detik.com, ada 6 menteri baru Presiden Jokowi dalam reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju, masing-masing :

Menteri Sosial: Tri Rismaharini

Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno

Menteri Perdagangan: M. Lutfhi

Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin.

Seperti diperkirakan sejumlah pengamat sebelumnya, Presiden Joko Widodo menunjuk mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Saya ingin kenalkan, tapi semua pasti sudah kenal, Pak Sandiaga Salahudin Uno. Akan kita berikan tugas sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Jokowi, dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, seperti dikutip Kompas.com.

Sandiaga merupakan politikus Partai Gerindra, mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, dan juga bekas pesaing Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pemilu 2019. Sandiaga akan menggantikan Wishnutama Kusubandio yang dilantik sebagai Menparekraf oleh Jokowi pada 23 Oktober 2019 lalu.(Rie/Red)