Notification

×

Iklan

Iklan

Wagub Uu Ruzhanul Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Kabupaten Garut

Rabu, 14 Oktober 2020 | 19:33 WIB Last Updated 2020-10-14T12:33:01Z


GARUT.LENTERAJABAR.COM,
--Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum bersama Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meninjau lokasi bencana banjir bandang di Kabupaten Garut, Rabu (14/10/2020).

Dalam peninjauan tersebut, Kang Uu menyalurkan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir bandang.

Selain itu, Kang Uu mengatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar akan berkoordinasi dengan semua pihak untuk membangun sodetan dan tanggul guna mencegah terjadinya bencana banjir bandang.

"Permohonan masyarakat soal pembangunan sodetan dan peninggian tanggul akan segera dibahas supaya pembangunan efektif dan tepat sasaran," kata Kang Uu.

Banjir bandang yang menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Garut diakibatkan oleh meluapnya Sungai Cipalebuh, Sungai Cikaso, dan Sungai Cibera. Bencana tersebut merendam ratusan rumah warga.

Kang Uu meminta Pemerintah Kabupaten Garut untuk menginstruksikan warganya agar tidak mendirikan rumah di lokasi yang berbahaya bencana. Ia pun mengajak warga untuk sama-sama menjaga lingkungan. Salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya.

"Saya berharap masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Karena kita tahu, kerusakan di muka bumi kerap diakibatkan oleh manusia," ucapnya. 




Selain itu, Kang Uu mengimbau warga terdampak banjir bandang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, terutama di tempat pengungsian.

Hal senada diucapkan Wakil Bupati Garut Helmi Budiman. Ia akan memastikan warga terdampak banjir bandang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Helmi juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Provinsi Jabar yang telah menyalurkan bantuan. Ia juga mengatakan, soliditas warga Garut tergolong tinggi dalam memulihkan dampak bencana banjir bandang.

"Semua bergotong-royong semua bahu-membahu untuk membersihkan kembali sarana-sarana umum," pungkas Helmi.(Rie/Red)



×
Berita Terbaru Update