.

Wagub Jabar Ajak Umat Perangi Penyakit lewat Wudhu

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1441 H di Pondok Pesantren Assalafiyah 2 Cibiuk, Kabupaten Garut, Ahad(15/329/2020).
GARUT.LENTERAJABAR.COM,-- Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum pada acara Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1441 H di Pondok Pesantren Assalafiyah 2 Cibiuk Garut, Ahad (15/3/2020) mengatakan ikhtiar batin perlu dilakukan selain ikhtiar dhohir atau duniawi melalui arahan pemerintah.di tengah maraknya kasus COVID-19 atau virus Corona.

Kang Uu pun mengajak umat di Jabar senantiasa menjaga kebersihan lewat wudhu. "Kita (Islam) ada daimul wudhu atau selalu dalam keadaan suci. Itu kemuliaannya luar biasa," ucap Kang Uu.

Selain sebagian dari iman sebagai Muslim, daimul wudhu maupun wudhu yang dilakukan lima kali sehari juga dinilai mampu menjaga kebersihan dan keimanan serta ketakwaan.

"Kuatkan iman dan takwa agar hidup kita tenang. Saat tubuh kita tenang, imunitas akan tinggi. Tapi kalau keimanan goyah, stres, pikiran terguncang, maka penyakit akan datang ke tubuh kita termasuk virus Corona," ucap Kang Uu.

Sosok yang juga Panglima Santri Jabar ini menambahkan, ikhtiar batin juga juga bisa dilakukan dengan menjalankan ajaran agama serta berdoa sesuai kemampuan dan kebiasaan masing-masing.

"Intinya doa minta sehat dan selamat dunia akhirat. Kalau perlu, masyarakat berbondong-bondong ke kiai untuk meminta doa supaya sehat," ujar Kang Uu.

Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1441 H di Pondok Pesantren Assalafiyah 2 Cibiuk sendiri dilanjutkan dengan agenda malam kesenian kreasi seni santri.

Tema peringatan kali ini adalah 'Meningkatkan Kualitas Iman, Ilmu, dan Amal' dengan dihadiri ratusan santri dan siswa. Turut mendampingi Kang Uu adalah Camat Cibiuk Asep Giridaya, Pimpinan Pondok Pesantren Assalafiyah 2 Hasanuddin, serta para kiai, ulama, dan tokoh masyarakat lainnya.(Red/Hms)