.

DPRD Jabar Dukung Langkah Proaktif Pemdaprov Tes COVID -19 kepada ODP

Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru'yat bersama Gubernur Ridwan Kamil dan Ketua Komisi V Dadang Kurniawan saat memberikan keterangan kepada wartawan usai rakor perkembangan COVID - 19 di Gedung Sate, Kota Bandung, Jum’at (13/3/2020).

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,-Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru'yat mengatakan, pihaknya mendukung penuh langkah cepat dan proaktif Pemda Provinsi Jabar dalam penanganan penyebaran COVID-19.kata politisi partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini  usai menghadiri rapat koordinasi dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil terkait perkembangan COVID - 19 di Gedung Sate, Kota Bandung, Jum’at (13/3/2020).

"Terkait dengan status siaga 1 dan penerapan proaktif tes ini tentu memerlukan anggaran dan kami mendukung sepenuhnya langkah-langkah untuk tersedianya alokasi anggaran dengan memperhatikan mekanisme dan ketentuan berlaku," kata Achmad.

Achmad juga mengimbau kepada masyarakat untuk memperkuat kekebalan tubuh karena COVID-19 sulit masuk kepada tubuh yang prima.

"Pada prinsipnya kami DPRD mengimbau seluruh masyarakat di Jabar untuk memperkuat kekebalan tubuh agar prima karena virus sulit menulari orang dengan kondisi yang prima," ucapnya. 

Sebelumnya Gubernur Ridwan Kamil menyatakan Pemda Provinsi Jawa Barat segara menerapkan sistem proaktif tes kepada ODP (Orang Dalam Pemantauan) dalam penanganan penyebaran COVID-19 di Jabar. 

Menurut Kang Emil - sapaan Ridwan Kamil - pemerintah pusat telah mengizinkan pemerintah daerah menangani pasien terduga COVID-19. Meski begitu, pengumuman hasil tes ODP tetap merupakan kewenangan pemerintah pusat.

"Kami akan melakukan proaktif tes, jadi dua hari lalu Kemenkes (Kementerian Kesehatan) sudah menyampaikan akan ada desentralisasi testing. Sambil menunggu, kita bisa lebih dulu inisiatif karena kita punya alatnya baik di RS maupun lab di Unpad," kata Kang Emil usai menghadiri rapat koordinasi dengan pimpinan DPRD Jabar terkait perkembangan COVID - 19 di Gedung Sate, Kota Bandung.(Rie/Red)