.

Pemdaprov Jabar Akan Laksanakan Tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,-Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat memiliki komitemen untuk melakukan reformasi birokrasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat demikian hal tersebut mengemuka pada acara Jabar Punya Informsi (Japri) ke 60 dengan tema Reformasi Birokrasi, Kamis, (23 /1/ 2020) di Lobby Museum Gedung Sate jalan Diponegoro no 22 Kota Bandung.

Dengan menghadirkan narasumber Dra. Nanin Hayani Adam, Msi (Ka.Biro Organisasi Prov Jabar) Tulus Arifan ( Ka.Bidang Pengadaan dan Mutasi) dan Teten AMG, PHD ( Ka. Bidang Pengembangan  Karir) Badan Kepegawaian Daerah (BKD)Pemdaprov Jabar.

Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi BKD Provisi Jawa Barat, Tulus Arifan mengatakan,untuk mereformasi Aparatur Sipil Negara (ASN)harus ada sinergitas antar lembaga sehingga terjalin hasil yang signifikan terhadap pelayanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut dikatakannya terkait formasi pegawai yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) merupakan usulan dari masing-masing OPD kemudian di ajukan ke Kementrian Aparatur Negara (Kemenpan) dan Reformasi Birokrasi (RB),jelas Tulus.

sebagaimana amanat dari pemerintah pusat Sebanyak 37.985 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk formasi 2019 .

penyelenggaraan SKD akan digelar di Gedung Youth Center, Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, pada 29 Januari-8 Februari 2020. Pelaksanaan SKD Pemda Provinsi Jabar yang berlangsung selama 11 hari tersebut akan digelar dalam 5 sesi setiap harinya (pukul 08:00 WIB, 10:00 WIB, 13:30 WIB, 15:30 WIB, dan 16:30 WIB), kecuali hari Jum'at hanya 4 sesi.

Setiap sesi akan berlangsung selama 90 menit. Panitia pun akan menyediakan 720 unit komputer untuk SKD melalui sistem Computer Assisted Test (CAT) yang terpusat di Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI.

"Untuk Jawa Barat itu Jumlahnya 37.985 total semuanya yang akan mengikuti tes dari tanggal 29 Januari ini sampai tanggal 8 Februari ini. Karena kita mau melaksanakan selama 11 hari," kata  Tulus Arifan.

Menurut Tulus dari total pelamar yang masuk, yakni 41.722 orang, ada 37.985 pelamar yang lolos tahap administrasi dan akan mengikuti SKD untuk 1.934 formasi jabatan di lingkungan Pemda Provinsi Jabar.

Jika ditambah dengan peserta 27 Pemda Kab/Kota di Jabar, jumlah peserta CPNS yang lolos tahap administrasi mencapai 282.620. Kuotanya itu yang tadi saya sampaikan itu kita memiliki kuota 1.934 untuk provinsi jawa barat saja. Karena tiap-tiap Kabupaten/Kota punya kuotanya masing-masing, terangnya.

Ditambahkan Tulus, berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 24/2019 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2019, para pelamar dengan jalur formasi umum dan formasi khusus tenaga pengamanan siber (cyber security) harus melampaui passing grade sebesar 126 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 65 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).(Rie/Red)