.

Cenderawasih dan Kangguru Pohon Jadi Maskot PON XX 2020 Papua

JAKARTA,LENTERAJABAR.COM,-Gelaran ajang olahraga baik itu Olimpiade,Asian Gemas,Sea Games maupun PON biasanya ada logo dan maskot yang di jadikan tanda resmi kegiatan tersebut .

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) akhirnya mengumumkan secara resmi logo dan maskot PON XX 2020 Papua, dengan dua satwa kebanggaan daerah ini, yaitu Cenderawasih (Drawa) dan Kangpo (Kangguru Pohon).

Ketua PB PON Bidang II, John Way mengatakan ,“Drawa dan Kangpo dipilih karena dinilai sebagai binatang asli yang tumbuh berkembang di Papua. Drawa adalah burung Cendrawasih. Sedangkan Kangpo merupakan singkatan Kanguru Pohon yang selama ini hanya ada di Papua,” jelasnya pada acara peluncuran logo dan portal resmi pesta olahraga PON XX 2020, di studio TVRI, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Menurutnya Indonesia adalah negara dengan jumlah spesies cendrawasih terbanyak. Sebagian besar diantaranya ditemukan di Papua. Maskot atau identitas Provinsi Papua juga berupa burung Cenderawasih, jenis Seleucidis Melanoleuca. “Masyarakat Papua sering menggunakan bulu Cenderawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka,” kata John Way.

Lain halnya Kangguru pohon. Sebagian besar satwa ini terancam punah akibat perburuan dan kehilangan habitat. Satwa ini hidup di hutan hujan di Papua. Beradaptasi di lingkungan di atas pohon. “Hewan ini berbeda dengan Kangguru yang ada di Australia. Karena Kangguru jenis ini hanya ada di Papua,” tegas John Way.

Persiapan PON XX 2020
 
PON XX 2020 Papua akan berlangsung pada, 20 Oktober hingga 2 November 2020 mendatang. Ada sekitar 37 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. “Kami memastikan Papua sudah siap menggelar PON yang akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 Disiplin, dan 679 nomor pertandingan, yang akan diselesaikan paling lambat bulan April 2020 mendatang,” ungkap Elia Loupatty, salah satu Official PON XX 2020 ini.

Ada empat kawasan yang akan menjadi ajang pertandingan pergelaran PON, antara lain, di venue Aquatic dan Istora Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, serta arena Cricket dan Lapangan Hockey (Indoor dan Outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

Empat area kawasan meliputi kota Jayapura (16 nomor pertandingan), Kabupatena Japura (9 nomor pertandingan), Kabupaten Mimika (9 nomor pertandingan), dan Kabupaten Merauke (7 nomor pertandingan).(Rie/Red)