Notification

×

Iklan

Iklan

Kadiv Humas Polri: Saya Kira Media Sudah Cukup Santun

Kamis, 07 Februari 2019 | 13:36 WIB Last Updated 2019-02-07T06:44:39Z
SURABAYA,LENTERAJABAR.COM,-Media massa di Indonesia sudah dapat disebut cukup santun dalam menyajikan berbagai informasi bagi masyarakat.

"Saya kira cukup santun," ujar Kadiv Humas Polri, Brigjen (Pol) Muhammad Iqbal dalam acara malam budaya bertema Santun Bermedia Untuk Pemilu Damai di Surabaya Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (6/2).

Penilaian pada standar cukup itu, dikatakan Iqbal, karena masih ada beberapa media yang kerap kali menyajikan berita dengan merujuk pada media sosial.

Menurutnya, media sosial tidaklah kompatible untuk menjadi rujukan. Kecuali, dari media sosial itu wartawan media massa melakukan konfirmasi terlebih dahulu sebelum disampaikan pada publik.

"Media mainstream terutama, saat ini lebih banyak merujuk pada media sosial di mana setiap orang bisa menjadi reporter dan menjadi pemred untuk dirinya sendiri, artinya tidak semuanya terkonfirmasi benar," jelasnya.

Iqbal menyebutkan catatan perkembangan hoax atau kabar bohong yang bermula dari isu media sosial. Kata dia, pada tahun 2015 hanya ada 10 hoax dan terus meningkat hingga pada tahun 2018 mencatatkan hampir 100 kasus hoax.

Untuk itulah, lanjutnya, menjelang tahun politik dan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 yang kian memanas. Dia berharap media massa propesional dapat menjadi penyejul suasana.

"Inilah mengapa media harus bisa menjadi cooling down masyarakat dari berbagai isu yang memanas," tukasnya.

Gelaran malam budaya tersebut menjadi salah satu rangkaian acara Hari Pers Nasional Jawa Timur 2019 yang menjadikan Kota Surabaya sebagai tuan rumah.(Red/Rls)
×
Berita Terbaru Update