Notification

×

Iklan

Iklan

Keren Kota Bandung Resmi Berlabel Kota Terinovatif di Indonesia

Sabtu, 08 Desember 2018 | 10:51 WIB Last Updated 2018-12-08T03:51:56Z
BANDUNG ,LENTERAJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung meraih penghargaan peringkat pertama di bidang inovasi untuk Kategori Pemerintah Kota se-Indonesia. Penghargaan ini semakin menegaskan Kota Bandung sebagai kota terinovatif di Indonesia.

Penghargaan Tersebut Diserahkan langsung Oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo Kepada Wali Kota Bandung, Oded M Danial pada acara Innovative Government Award (IGA) 2018 di Hotel Sahid Jaya Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).

“Alhamdulillah di Kompetisi IGA Award 2018 Kota Bandung meraih juara pertama dalam bidang Pemerintahan Kota Terinovatif. Inovasi tersebut semoga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," jelas Oded dalam rilis yang diterima , Sabtu (8/12/2018).

Oded berharap, di era kepemimpinannya bersama Yana Mulyana dapat menghadirkan inovasi-inovasi untuk semakin mempermudah pelayanan bagi masyarakat Kota Bandung.

"Untuk itu, Mang Oded mendorong aparatur kewilayahan untuk berinovasi. Inovasi harus terus lahir di Kota Bandung," ujarnya.

Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah sebagai apresiasi atas inovasi yang telah berhasil dilakukan. Penghargaan tersebut agar dapat mendorong kompetisi positif antar pemerintah provinsi dan juga pemerintah kabupaten/kota meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Hingga saat ini, Pemkot Bandung memiliki dan memanfaatkan sebanyak 66 inovasi. Dari julmlah tersebut yaitu sebanyak 18 inovasi pelayanan publik, 32 inovasi tata kelola pemerintahan. Sedangkan sisanya, 16 inovasi di bidang lainnya.

Sejumlah inovasi milik Pemkot Bandung juga telah banyak memperoleh penghargaan dari berbagai pihak. Inovasi tersebut di antaranya Mini Lab Laboratory, Omaba (Ojek Makanan Balita), Mepeling (Memberikan Pelayanan Keliling).

Tak hanya itu, telah ada sebanyak 93 pemerintah kota/kabupaten yang mereplikasi inovasi milik Pemkot Bandung. Sebanyak 22 inovasi telah dihibahkan ke pemerintah daerah lain. Sejumlah inovasi yang paling banyak dihibahkan ke daerah lain di antaranya, Sabilulungan, e-RK, e-Musrenbang.(Red)
×
Berita Terbaru Update