Notification

×

Iklan

Iklan

Setiap Kabupaten/Kota di Jawa Barat di Harap Miliki Desa Wisata

Jumat, 31 Agustus 2018 | 14:23 WIB Last Updated 2018-08-31T07:23:11Z

BANDUNG,LENTERAJABAR.COM-Setiap kabupaten/kota di Jabar diharapkan segera memiliki desa wisata untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Pasalnya, keberadaan desa wisata bisa mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Demikian hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jabar, Ida Hernida pada wartawan usai membuka sosialisasi pendoman desa wisata di Jabar di Hotel Grand Tebu  jalan Riau Bandung, Jumat (31/8/2018).

Lebih lanjut dikatakan Ida, jumlah desa wisata di Jabar cukup banyak, namun dari jumlah itu baru ada satu desa wisata di Jabar yang ditetapkan sebagai terbaik di Indonesia, yakni Desa Cibuntu di Kabupaten Kuningan, serta homestay Desa Cibodas, Kabupaten Bandung Barat.

"Namun ada lima desa wisata di Jabar yang sudah go internasional,  diiantaranya Desa Cibuntu di Kabupaten Kuningan dan Desa Argapura di Kabupaten Majalengka, serta Desa Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat,"jelasnya.

Menurutnya , Desa Cibuntu merupakan salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat yang meraih penghargaan tingkat nasional. Desa Cibuntu juga pernah mewakili Indonesia untuk Asia Tenggara.
Lokasi desa ini  berada di Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan. 

Cibuntu dinobatkan menjadi desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay. Di 2017 ini, Cibuntu terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam ajang Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.

"Secara otomatis, tahun depan Cibuntu akan mewakili Indonesia kembali di level ASEAN. Cibuntu memiliki puluhan homestay yang bersih. Wisata bumi perkemahan dan situs memiliki daya tarik bagi para wisatawan," terangnya.

Ida menyebutkan, untuk membangun desa wisata dibutuhkan inovasi dan kreativitas warga dan pemerintahnya. Jika suatu kabupaten kota tidak memiliki potensi alam dan budaya, bisa membentuk desa budaya dengan kreativitas dan inovasi yang mengikuti perkembangan jaman saat ini.

"Salahsatunya yakni dengan mencat rumah penduduk dengan aneka warna dan membuat fasilitas selfie yang banyak diburu para wisatawan saat ini,"pungkasnya.(Red)
×
Berita Terbaru Update