Notification

×

Iklan

Iklan

Pemprov Jabar Berkomitmen Terus Benahi BUMD

Selasa, 24 April 2018 | 11:03 WIB Last Updated 2018-05-22T15:15:33Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM-Keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) memiliki peran strategis sebagai salah satu sumber pendapatan bagi daerah untuk membiayai penbangunan,oleh karena itu harus di kelola dengan baik dan profesional

Gubernur Ahmad Heryawan  menegaskan pihaknya terus berkomitmen membenahi BUMD Pemprov Jawa Barat. Ke depan pemerintah daerah harus memiliki orietasi pengawasan dan penyehatan terhadap BUMD,tutur Kang Aher sapaan akrabnya.

"Sejak 2008 kita terus melakukan pembenahan, sebagiannya sudah berhasil sehat, sebagian lagi masih dalam penyehatan," kata kang Aher kepada wartawan usai Rapat Kerja Pansus I terkait LKPJ Tahun Anggaran (TA) 2017 dan Akhir Masa Jabatan Gubernur Jawa Barat 2013-2018 di Ruang Rapat Banmus Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Jl. Diponegoro No. 27, Kota Bandung, Senin (23/4).

Lebih lanjut dikatakan pria verkacamata ini,"Saya kira ke depan kita harus punya orientasi BUMD ini harus dipantau terus dan disehatkan, dirasionalkan," jelasnya.

Menurut Aher selan itu porsi tenaga kerja di BUMD tertentu terlalu besar. Hal itu menjadi beban bagi BUMD. Di sisi lain, Pemprov Jawa Barat juga tidak bisa melakukan PHK karena perlu ada pembiayaan APBD,terangnya.

Ditambahkanya tadi pada (rapat kerja) juga mencuat ke permukaan tentang kebanyakan tenaga kerja pada BUMD-BUMD tertentu,hal .Ini menjadi beban bagi BUMD,tutur Aher.

Ketua Pansus I Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) TA 2017 dan Akhir Masa Jabatan
(AMJ) DPRD Jabar, Gatot Cahyono menyatakan bahwa pembenahan BUMD akan menjadi "Pekerjaan Rumah (PR)" untuk Gubernur Jabar 2018-2023.
DPRD Jabar menilai BUMD harus bisa memberikan kontribusi lebih pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). BUMD tidak efektif lebih baik digabung atau merger.

Menurut politisi senior FPDIP ini,BUMD kita (pemprov-red) faktanya memang ada yang jalan bagus, setengah bagus, semaput. Sudah sampai ke tingkat seperti itu dan banyak juga anak perusahaannya yang tidak jalan," jelas Gatot dalam rapat kerja.

Ditambahkan wakil rakyat daerah pemilihan Ciamis ini,"Saya kira hal ini "PR" buat Gubernur yang akan datang," pungkasnya mantan aktivis GMNI ini .(Red)
×
Berita Terbaru Update