Notification

×

Iklan

Iklan

Nama Jalan Padjajaran dan Siliwangi Kini Ada di Yogyakarta

Selasa, 03 Oktober 2017 | 17:01 WIB Last Updated 2017-10-03T10:01:45Z
YOGYAKARTA,LENTERAJABAR.COM-Provinsi Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta kini memiliki nama Jalan Padjajaran dan Siliwangi. Kedua nama jalan tersebut, berada di antara ruas Jalan Arteri (Ring Road) yang mengelilingi Kota Yogyakarta.

Penamaan kedua jalan diresmikan langsung oleh Gubernur DI Yogyakarta Sultan Haengkubuwono X, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Mewakili masyarakat Sunda, Ridwan menyampaikan terima kasih atas langkah yang dilakukan Gubernur DI Yogyakarta. Hal itu, dinilai telah mematahkan pertentangan psikologis yang selama ini dialami masyarakat Sunda dan Jawa.

"Ini ada jalan istimewa, Padjajaran dan Siliwangi hadir di Yogyakarta sebagai simbol dari sultan untuk menjadi perdamaian psikologis dari sejarah-sejarah masa lalu," kata Ridwan.

Menurut dia, Sunda dan Jawa adalah dua di antara suku-suku di Indonesia yang memiliki penduduk terbanyak. Keduanya mempunyai sejarah panjang yang mengisi lembaran-lembaran cerita negeri ini.

"Konon, keduanya mulai bergesekan sejak peristiwa Perang Bubat yang menewaskan Putri Citraresi atau Putri Dyah Pitaloka dan Prabu Maharaja Linggabuana," ucapnya.

Provinsi Jabar dan Provinsi DI Yogyakarta bersepakat untuk menghentikan pertentangan psikologis tersebut dan menciptakan perdamaian. Dia menyebut, inilah yang dibutuhkan Indonesia kini.

"Pesannya, kita fokus di masa depan berbicara tentang ke-Indonesiaan, bukan kesukuan lagi. Kalau itu dilakukan, Indonesia akan maju," ujar dia.

Dalam waktu dekat, sambung Ridwan, pihaknya akan berbicara dengan DPRD Kota Bandung untuk melakukan hal yang sama. Rencananya, bakal ada nama jalan-jalan yang didedikasikan menghormati Suku Jawa.

"Sekarang dengan ada Jalan Padjajaran dan Siliwangi, berarti identitas kesundaan hadir dan diterima dengan baik. Dan tentunya sebaliknya, kita harus melakukan hal yang sama," ucapnya.

Jalan Arteri atau yang dikenal Ring Road Yogyakarta merupakan jalan nasional yang pekerjaannya dilakukan secara bertahap mulai 1994 dan dipergunakan secara penuh pada 2010.

Jalan Arteri ini terbagi tiga ruas jalan besar yaitu ruas Utara dan Barat, Utara dan Selatan. Jalan itu lantas dibagi menjadi enam ruas jalan yang diberi nama Jalan Siliwangi dengan panjang 8,58 kilometer.

Sementara Jalan Padjajaran sepanjang 10 kilometer, Jalan Majapahit 3,08 kilometer, Ahmad Yani 6,50 kilomoter, Prof Dr Wiryono Projodikoro SH 2,70 kilometer dan Jalan Brawijaya sepanjang 5,84 kilometer dengan total panjang keseluruhan mencapai 36,73 kilometer.(Red/Hms)
×
Berita Terbaru Update