Notification

×

Iklan

Iklan

8 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Kesehatan

Rabu, 31 Mei 2017 | 15:27 WIB Last Updated 2017-05-31T08:27:21Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM - Menyerah pada kebiasaan buruk bisa menjadi sulit. Ini bahkan lebih sulit untuk menjatuhkan orang-orang yang biasanya kita anggap bermanfaat yang sebenarnya dapat merusak tubuh.

Berikut daftar kebiasaan sehari-hari yang lebih banyak ruginya daripada kebaikan seperti dikutip Bright Side, Rabu (31/5/2017):

1.Mencegah diri dari bersin 
Saat menutup mulut dan mencubit hidung untuk mencegah bersin, tekanan intrakranial akan meningkat secara signifikan. Aliran darah ke otak terganggu, pembuluh darah, dan jaringan saraf dikompres. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, kerusakan pembuluh darah, dan masalah pendengaran. Jangan pernah berhenti bersin.

2.Menggunakan parfum 
Bahan sintetis sering digunakan untuk membuat parfum karena menghasilkan aroma yang lebih kuat dan lebih murah dari minyak alami. Zat ini bisa menyebabkan pusing, mual, dan kantuk. Zat ini juga mengiritasi mata, tenggorokan, dan kulit.

3.Menggunakan ponsel sebelum tidur 
Cahaya buatan pada malam hari menekan produksi hormon melatonin yang mengatur tidur. Melatonin rendah bisa mengakibatkan depresi, kanker, obesitas, penyakit jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang rapuh. Jadi tidur lebih awal merupakan pilihan yang wajar untuk meningkatkan kesehatan.

4.Menyimpan makanan dalam wadah plastik 
Banyak kotak plastik mengandung zat kimia buatan, seperti phthalate dan bisphenol, yang membantu mempertahankan fleksibilitas. Jika disimpan dalam waktu lama di kotak plastik, zat semacam itu bisa meresap ke dalam makanan. Menghilangkannya bisa berpengaruh pada sistem endokrin.

5.Menyikat gigi tepat setelah makan 
Dokter gigi menyarankan agar Anda menyikat gigi minimal 30 menit setelah makan. Jika memungkinkan, satu jam lebih baik lagi. Makanan dan minuman - terutama yang sangat asam - berpengaruh pada enamel gigi dan juga lapisan di bawahnya (dentin). Gerakan sikat gigi mendorong asam lebih dalam dan lebih dekat ke dentin. Hal ini dapat menyebabkan sensitivitas ekstrem dan kerusakan enamel.

6.Sering menggunakan sabun antibakteri 
Sebagian besar bakteri bermanfaat hidup di permukaan kulit, berperan dalam melindungi tubuh. Jika Anda menggunakan sabun antibakteri terlalu sering, akhirnya mensterilkan tangan, yang pada gilirannya menciptakan peluang bagi bakteri berbahaya untuk masuk ke tubuh. Ahli dermatologi merekomendasikan penggunaan sabun antibakteri untuk luka, goresan, dan grazes. Jangan menggunakannya untuk mencuci tangan lebih dari dua kali seminggu.

7.Mengenakan jeans ketat 
Meski bisa jadi modis, jeans ketat terus menekan kulit dan ujung saraf. Hal ini menyebabkan perasaan ketidaknyamanan terus-menerus yang dapat menyebabkan masalah pada sistem saraf. Seolah-olah itu tidak cukup buruk, berkurangnya aliran udara ke kaki bisa menyebabkan gatal dan geli, dan akhirnya membuat mati rasa.

8.Minum jus segar 
Tidak semua orang tahu jus buah segar yang diperas memiliki manfaat dalam jumlah kecil. Dalam kasus penyakit tertentu, jus dapat menyebabkan kerusakan serius pada tubuh. Misalnya, jus anggur tidak disarankan bagi mereka yang kelebihan berat badan atau yang menderita diabetes.
 
Source: Bright Side

×
Berita Terbaru Update