Notification

×

Iklan

Iklan

BMKG Informasikan Peringatan Dini Waspada Kondisi Cuaca

Senin, 27 Februari 2017 | 16:53 WIB Last Updated 2017-02-27T09:53:00Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui website resminya mengeluarkan informasi peringatan dini pada Senin (27/2/2017) untuk sejumlah Provinsi di Indonesia, termasuk di Jawa Barat 

Dalam laman resminya disebutkan, peringatan dini untuk wilayah Jawa Barat, masyarakat diimbau untuk waspada terhadap hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir yang akan terjadi di sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Kota/kabupaten yang diprakirakan mengalami cuaca seperti itu antara lain Bandung, Sukabumi, Cianjur, Garut, Banjar, Ciamis, Kuningan, Sumedang, Subang, Purwakarta, Cirebon, dan Tasikmalaya. 

Disebutkan juga dalam berita yang dikutip LenteraJabar dari laman BMKG tentang Analisis Dinamika Atmosfir dan Laur Dasarian II Februari 2017, disebutkan, 

- Prediksi Curah Hujan Das III Februari 2017 sebagian besar wilayah Indonesia pada kisaran menengah (50-150mm/Das), Kecuali di wilayah Pesisir Sumatera, Jawa Bag.barat, Kalimantan Barat bag. Timur Laut, Sulawesi Barat, dan bagian tengah Papua Barat dan Papua Pada kisaran Curah hujan tinggi (>150mm), Curah Hujan Rendah (< 50 mm/Das) terdapat disekitar Bali dan Nusa Tenggara. Sifat Hujan di dominasi Atas Normal (AN), sedangkan di wilayah Jawa Timur bag.timur, Bali dan Nusa Tenggara didominasi Bawah Normal (BN)

- Prediksi Curah Hujan Bulan Maret 2017. Sebagian besar Curah hujan pada kisaran menengah (150-300mm/Bulan). di wilayah Sumatera Jawa Bali Nusta, Kalimantan dan sebagian Sulawesi, Curah Hujan tinggi (300-500mm/Bulan) terdapat di sebagian besar Sulawesi, Kepulauan Maluku, Papua. Sifat Hujan bagian barat Indonesia (Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali) di Dominasi N dan BN sedangkan bagian Timur Indonesia (Sulawesi Nusatenggara, Maluku dan Papua didominasi N dan AN.

- Perlunya antisipasi dan kewaspaaan terhadap banjir dan longsor disekitar Pesisir Sumatera, sebagian besar Jawa, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan bag.selatan yang berpotensi Curah Hujan Tinggi selama Dasarian III Februari 2017. (Rt/Ak)
×
Berita Terbaru Update