Notification

×

Iklan

Iklan

Menuju Haji Mabrur, Haji Sehat, Kuat dan Ramah Lansia Kecamatan Cibeunying Kidul dan Sumur Bandung gelar Manasik

Kamis, 18 April 2024 | 22:14 WIB Last Updated 2024-04-18T22:51:15Z


BEKAMIN KOTA BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Sebanyak 136 Jamaah Calon Haji (JCH) dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Cibeunying Kidul dan Kecamatan Sumur Bandung mengikuti rangkaian kegiatan manasik haji yang digelar secara serentak se- Kota Bandung untuk tahun 1445 Hijriyah.


Camat Cibeunying Kidul, H. Aris Risdianto yang didamping Kepala KUA Dr. H. Ahmad Zaelani dan Aang, Ketua MUI, Dr. KH. Koko, Ketua UPZ, para lurah dan Ketua DKM Masjid besar. mengatakan, dalam rangka manasik haji tingkat kecamatan ini merupakan proses yang sangat penting dan harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku. Sehingga, melalui manasik haji ini, diharapkan para jamaah calon haji mempunyai gambaran tentang bagaimana pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nantinya.



“Banyak informasi yang disampaikan dalam manasik, oleh karena itu saya harap diikuti dengan baik. Penjelasan para pembimbing akan sangat memberikan manfaat dan dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan ibadah haji,“ ujar Aris Ruadianto, seusai membuka kegiatan manasik haji di Masjid Besar An-Naas Kamis (18/04/2024).


Aris juga mengingatkan, agar para jamaah calon haji dapat menjaga kesehatan dan staminanya dalam menjalakan kegiatan ibadah haji selama berada di Tanah Suci. Dia juga berharap agar jamaah calon haji dari Kecamatan Cibeunying Kidul dan Sumur Bandung dapat kembali ke tanah air dengan keadaan sehat dan selamat dan mampu menyandang haji yang mabrur.



“Jaga kesehatan karena jutaan manusia berkumpul di Tanah Suci sebagai bentuk ukhuwah islamiyah yang paling besar. Jika ada rangkaian manasik yang belum dipahami silahkan ditanyakan kepada petugas. Jauhi larangan-larangan dalam rangkaian ibadah haji agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan tenang dan benar. Jaga kesucian hati dan pikiran. Manfaatkan keberadaan petugas kloter untuk membantu jemaah,” jelasnya.


Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cibeunying Kidul Dr. H. Ahmad Zaelani didampingi Aang, yang juga sebagai panitia Bimbingan Manasik Haji, H. Ahmad menambahkan, penggabungan jamaah calon haji dari Kecamatan Cibeunying Kidul dan Kecamatan Sumur Bandung berdasarkan tidak mencukupinya kuota perkecamatan.


Ahmad juga menerangkan, jamaah calon haji akan mendapatkan bekal ilmu dan informasi melalui kegiatan Manasik Haji sebanyak 6 kali  memberikan pemahaman kepada para jamaah calon haji secara menyeluruh baik secara aturan yang berlaku maupun imbauan-imbauan yang harus diikuti oleh para calon jamaah.


“Kita berharap agar kegiatan ini menjadi ilmu dan motivasi untuk dapat diamalkan dan dijalankan di Tanah Suci sehingga jamaah-jamaah haji dari Kota Bandung khususnya dari Kecamatan Cibeunying Kidul dan Sumur Bandung dapat menjalani ibadahnya dengan lancar,” ujarnya ( HADE )

×
Berita Terbaru Update