Notification

×

Iklan

Iklan

H.M, Achdar Sudrajat : Masuki Musim Penghujan Minta Masyarakat Waspada Bencana

Sabtu, 09 Desember 2023 | 19:38 WIB Last Updated 2023-12-13T12:43:27Z

Caption : H.M, Achdar Sudrajat,S.Sos


KABUPATEN BEKASI.LENTERAJABAR.COM,- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H.M, Achdar Sudrajat,S.Sos mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menginggat saat ini telah memasuki musim penghujan,yang mana hal ini memicu potensi bencana yang mungkin terjadi selama periode hujan intensif. 


Jawa Barat memiliki potensi bencana cukup besar dan tertinggi di Indonesia.Dari 27 Kota dan Kabupaten (kokab) 19 daerah termasuk daerah rawan bencana di Jawa Barat Seperti banjir, tanah longsor,angin puting beliung dan lain-lain.


Berdasarkan  informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa musim penghujan yang disertai cuaca ektrim di Jawa Barat bencana meteorologi, bencana hidrometeorologi, bencana geologi dan bencana lingkungan frekuensi dan intensitas bencana Jabar termasuk yang besar.


“Musim penghujan diperkirakan akan berlangsung hingga bulan Februari 2023 akan melanda wilayah Indonesia termasuk juga di Jawa Barat.yang sudah kita masuki seringkali diiringi oleh potensi bencana seperti banjir, tanah longsor, dan genangan air. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat Jawa Barat untuk selalu waspada dan siap menghadapi potensi bahaya yang dapat muncul,”kata AHD sapaan akrab Achdar Sudrajat .


Lebih lanjut dikatakan Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Jawa Barat ini menekankan perlunya langkah-langkah preventif dan kesiapsiagaan dari semua pihak, termasuk pemerintah daerah, instansi terkait, dan masyarakat secara umum. Ia mengingatkan bahwa kolaborasi aktif antar instansi dan partisipasi masyarakat sangat penting dalam meminimalkan dampak bencana.


AHD meminta pemerintah daerah untuk memastikan saluran air bersih dan sistem drainase berfungsi dengan baik. Selain itu, masyarakat juga perlu mengantisipasi potensi bencana dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan,tutur patahan di DPRD Jabar yang juga sebagai Calon Legislatif (Caleg) nomor urut 1 untuk DPRD provinsi Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Jabar 9 Kabupaten Bekasi  ini.


Adapun bencana alam yang kerab melanda daerah Jabar seperti terjadi di Kab Kuningan,Tasikmalaya, Sumedang, Kab. Bandung, Kab Bandung Barat, Kab.Cianjur, Kab Bogor, kota/Kab Bekasi, Kab Karawang, Kab/kota Cirebon termasuk juga kota Bandung.


Ditambahkan AHD Untuk itu diharapkan pemerintah daerah harus gencar mengedukasi masyarakat bagaimana menghadapi resiko bila terjadi bencana  selain itu juga sarana dan sumber daya manusia harus selalu dalam kondisi siap siaga apabila terjadi peristiwa kebencanaan,pungkas Ketua Badan Pembentukan Daerah (BP Perda) DPRD Provinsi Jawa Barat  (Rie/AdPar)


×
Berita Terbaru Update