Notification

×

Iklan

Iklan

Amalan Dianjurkan Pada Malam Nisfu Syaban

Rabu, 08 Maret 2023 | 07:40 WIB Last Updated 2023-03-08T00:40:42Z


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-  Dalam beberapa hadits, Rasulullah SAW menerangkan tentang keutamaan malam Nisfu Syaban. Malam Nisfu Syaban merupakan malam pada pertengahan bulan Syaban atau malam tanggal 15 Syaban.

Pada bulan Sya'ban ini kita akan memasuki malam yang disebut dengan Nisfu Sya'ban. 

Nisfu Sya'ban menurut Islam,Malam Nisfu Syaban merupakan malam pada pertengahan bulan Syaban atau malam tanggal 15 Syaban.

Artinya Nisfu Sya'ban adalah pertengahan bulan Sya'ban yang  jatuh antara tanggal 7 dan 8 Maret 2023 pada Tahun 2023 ini. 

Lima malam tidak akan ditolak doa di dalamnya, Malam Jumat, Malam Pertama dari bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam Lailatul Qadar, malam hari raya idul adha dan idul fitri

Di dalam malam Nisfu Sya'ban ini banyak sekali amalan-amalan yang dianjurkan.

Salah satu amalan yang dianjurkan itu adalah membaca surat Yasin 3 kali. dan juga doa khusus yang dibaca malam Nisfu Sya'ban. 

Berikut niat membaca surat Yasin tiga kali yang dibaca pada malam nishfu Sya'ban. 

Niat pertama, saya niat membaca surat Yasin di malam yang penuh barokah ini agar dipanjangkan umur oleh Allah SWT. Al-fatihah. 

Kemudian baca surat Yasin sampai selesai dan sesudah membaca surat Yasin lalu baca doa terkhusus Nisfu Sya'ban. 

Sesudah membaca doa dilanjutkan dengan membaca surat Yasin yang kedua, berikut niatnya. 

Aku niat membaca surat Yasin dimalam yang penuh barokah ini agar selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari musibah. Al-fatihah. 

Kemudian baca surat Yasin sampai selesai dan sesudah membaca surat Yasin lalu baca doa  Nisfu Sya'ban. 

Sesudah membaca doa dilanjutkan dengan membaca surat Yasin yang ketiga, berikut niatnya. 

Aku niat membaca surat Yasin di malam yang penuh barokah ini karena agar diberikan rizki dan tidak berharap kepada manusia. Al-fatihah. 

Artinya tidak berharap kepada manusia dan hanya berharap kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Kemudian baca surat Yasin sampai selesai dan sesudah membaca surat Yasin lalu baca doa  Nisfu Sya'ban. 

Jadi kesimpulannya setelah membaca surat yasin pertama sampai dengan ketiga, dilanjutkan dengan doa Nifsu Sya'ban.

Dalam beberapa hadits, Rasulullah SAW menerangkan tentang keutamaan malam Nisfu Syaban. 

Selain itu ada juga amalan yang dianjurkan saat Malam Nisfu Syaban

Berikut ini beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam Nisfu Syaban dan malam-malam lainnya:

1. Membaca Al Quran

Keutamaan membaca Al Quran telah dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadis berikut ini:

Artinya: Dari Abu Umamah, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah Al-Qur'an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat." (HR Muslim)

2. Perbanyak Istighfar

Amalan selanjutnya yang dianjurkan untuk dilaksanakan saat malam Nisfu Syaban yaitu memperbanyak istighfar. Hal ini dikarenakan tak ada satupun manusia yang bersih dari dosa dan salah.

Kesehariannya bergelimang dosa. Walaupun demikian, Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa pun. Oleh karena itu, meminta ampunan (istighfar) sangat dianjurkan terlebih di malam Nisfu Syaban.

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan yang artinya "Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya'ban dan malam pertengahannya.

Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran dan hadis. Pada bulan Sya'ban, dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.

3. Puasa

Puasa di bulan Syaban itu termasuk di sunnahkan karena melatih agar nanti ketika Ramadan tiba sudah terbiasa dengan puasa. Selain itu, bulan ini juga banyak dilalaikan oleh manusia sebagaimana yang dijelaskan dalam beberapa hadis.

Namun, kita tidak perlu mengkhususkan hari tertentu dari bulan Syaban untuk berpuasa, karena tidak ada hadis yang benar secara khusus menentukan hari tertentu untuk berpuasa.

4. Pengingat Untuk Segera Menunaikan Qadha Ramadan

Nisfu Syaban mengisyaratkan makin dekatnya kaum muslim dengan Ramadan. Oleh karena itu, utang puasa wajib segera ditunaikan. Kewajiban qadha puasa telah dijelaskan Allah dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 185 yang artinya,

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur"

5. Menunaikan Shalat Tahajud

Amalan terakhir yang bisa dilakukan pada malam Nisfu Sya'ban yaitu dengan shalat tahajud. Nabi SAW menjelaskan keutamaan ibadah sunnah ini dalam hadisnya yang artinya,

"Sebaik-baiknya puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa pada bulan Allah -Muharram-. Sebaik-baiknya shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR Muslim).

Mudah-mudahan kita semua di malam yang barokah ini di bulan yang penuh barokah ini selalu dalam lindungan Allah SWT.***


×
Berita Terbaru Update