Notification

×

Iklan

Iklan

Anggota Komisi V DPRD Jabar Toto Purwanto Sandi, Dukung Usulan Gelar Pahlawan Nasional Inggit Garnasih

Senin, 20 Februari 2023 | 16:28 WIB Last Updated 2023-02-20T09:31:45Z

Caption : Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Toto Purwanto Sandi, SE., M.Ipol

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, - Sosok perempuan Jawa Barat Inggit Garnasih (1888 - 1984) dipandang sangat layak menjadi pahlawan nasional ditinjau dari kiprah Inggit selama mendampingi Soekarno. 

Pemda Provinsi Jawa Barat intens melakukan penelitian, diskusi, dan penyempurnaan administrasi maupun dokumen yang dibutuhkan untuk pengusulan Inggit Garnasih sebagai pahlawan nasional.

Hal itu dikatakan Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jabar Dewi Sartika dalam Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional Inggit Garnasih di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung

Dukungan dan harapan agar Inggit Garnasih menjadi Pahlawan Nasional datang dari berbagai pihak. Sebab, sosok Inggit Garnasih merupakan salah satu tokoh penting dibalik kemerdekaan Republik Indonesia.

Salah satunya dari Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Toto Purwanto Sandi, SE., M.Ipol mendukung dan mengapresiasi apa yang dilakukan Pemda Provinsi Jawa Barat tutur politisi dari Partai Demokrat daerah pemilihan Jabar X meliputi Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang ini.

Selain menjadi tokoh penting dalam perjuangan Ir. Soekarno, Inggit Garnasih pun menjadi motivator bagi Ir. Soekarno saat membangun kesadaran rakyat tentang pentingnya kemerdekaan sekaligus pendirian Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927. untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi pemimpin besar di Indonesia. 

Inggit Garnasih menjadi aktor penting dalam menguatkan Soekarno di pengasingan, baik Ende maupun Bengkulu. Sosok pejuang wanita dan wanita pejuang yang berhasil menjadikan pemuda Soekarno sebagai proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia,tutur Kang TPS sapaan Toto Purwanto Sandi, SE., M.Ipol

Menurut legislator partai berlambang bintang mercy ini, atas jasa-jasanya memberikan peran yang cukup besar dalam konteks kekonsistenan membangun bangsa ini, maka sangat tepat Bu Inggit ini diberikan gelar pahlawan nasional," ucapnya.

"Kita sebagai masyarakat Jawa Barat akan bangga setelah tahun lalu KH. Sanusi menjadi Pahlawan Nasional di Indonesia, maka tahun 2023, Bu Inggit Garnasih yang memiliki catatan besar bagi Indonesia akan menjadi pahlawan nasional Indonesia," imbuhnya. 

Berdasarkan informasi dari Dinas sosial Pemdaprov Jabar nama Inggit Garnasih sebenarnya sudah diusulkan dua kali, yaitu tahun 2008 dan tahun 2012. Namun karena kekurangan pernyaratan akhirnya ditunda. 

Sejak tahun 1963 hingga sekarang sudah ada 14 pahlawan nasional yang ditetapkan berasal dari Jawa Barat.(Rie/AdPar)

 


×
Berita Terbaru Update