.

Menkominfo Cegah Hoaks Jelang Pemilu 2024,Mengerahkan Patroli Cyber Drone

Caption : Menkominfo Johnny G Plate (foto dok ist)

JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
,-- Menkominfo Johnny G Plate menyiapkan sejumlah upaya untuk mencegah penyebaran hoaks di ruang digital menjelang Pemilu 2024. Johnny menyebut salah satu upaya dengan mengerahkan cyber drone yang berpatroli 7x24 jam.

"Kominfo mempunyai surveilance sistem cyber drone yang berpatroli 7x24 jam nonstop untuk mengawasi ruang digital," tutur Johnny di kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (4/1/2023).

"Surveilance Kominfo bisa membaca numerikal dan alfabet, karenanya kita bisa mengikuti semua perkembangan yang sifatnya hoaks dan hate speech atau tindakan terlarang di ruang digital," sambungnya.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan satgas media sosial yang diinisiasi oleh Kominfo telah berjalan. Sedangkan untuk menjaga kebocoran data Pemilu, Johnny menyebut pihaknya telah bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Semua infrastruktur yang terkait dengan pengamanan atas serangan siber itu menjadi domain dari BSSN," katanya.

Johnny menyebut akan menindak pelanggar di ruang digital. Dia menyebut sanksi administrasi akan diberikan bagi para pelanggar.

"Secara teknis pendampingan itu dilakukan oleh BSSN. Apabila terjadi kebocoran data audit terhadap kebocoran data akan dilakukan oleh Kominfo dan bila terdapat atau terjadi pelanggaran atau aturan akan diberi sanksi administratif," pungkasnya.(Red/***)