.

PWI Jabar dan Unpas Tandatangani MoA dan PKS


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat melaksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pasundan, Jumat 4 November 2022.

Dalam penandatanganan tersebut, Ketua PWI Jabar H Hilman Hidayat, MSi diwakili Sekretaris Umum Tantan Sulthon Bukhawan sedangkan dari FISIP Unpas diwakili Wakil Dekan I Dr. Kunkunrat, MSi. Selain dengan PWI Jabar, MoA dan PKS juga dilakukan dengan BC Perhumas Bandung, Gema Nusa, Kunafe Bandung, Chlorine Digital Media dan Soka Cipta Niaga.

Acara tersebut dihadiri pula Wakil Dekan II FISIP Unpas Hj Yulia Segarwati, MSi, Wakil Dekan III H Sumardhani, MSi, Ketua Prodi Ilkom FISIP Unpas H Rasman Sonjaya, MSi, Ketua Prodi Administrasi Bisnis FISIP Unpas Dr Siti Patimah, SE, MS, Sekprodi Ilkom FISIP Unpas Vera Hermawan, dan Sekprodi Administrasi Bisnis Yanti Purwanti, MSi dan PIC Kewirausahaan Unpas Dr. Ida Hindarsyah, M.Si.

Dalam sambutannya, Kunkunrat menyebutkan, sebagai lembaga pendidikan yang terus berupaya mengikuti perkembangan zaman, Unpas berkeinginan mahasiswa lulusan Unpas tidak hanya dibekali dengan ijazah ketika mereka selesai kuliah.

“Kami ingin lulusan Unpas memiliki kemampuan untuk bersaing di dunia kerja. Apalagi dengan adanya Peraturan Menteri no 81 Tahun 2014 yang menjadi landasan hukum adanya Surat Keterangan Pendamping Ijazah,” ujarnya.

Menurut Kunkunrat, salah satu alasan dilaksanakannya kerja sama dengan PWI Jabar dan mitra lainnya adalah untuk memberikan bekal kemampuan teknis kepada mahasiswa menghadapi persaingan dunia kerja.

“Mitra yang sekarang melakukan penandatanganan kerja sama adalah mitra terpilih yang kami anggap paling memenuhi kualifikasi sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unpas Drs. Rasman Sonjaya MSi menyebutkan, kerja sama yang dilakukan FISIP Unpas dengan PWI dan mitra lainnya merupakan amanat undang-undang.

“Kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia industri dan dunia usaha adalah suatu keharusan. Kerjasama yang dibangun bukan hanya kerjasama di atas kertas tetapi kerja sama dengan aktivitas riil. Seperti yang disebutkan Pak Wakil Dekan, kerja sama berupa workshop kompetensi ini dimaksudkan untuk memberikan nilai tambah dan nilai keunggulan mahasiswa,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Jabar, Roberto Purba yang juga hadir di acara tersebut menyebutkan, pihaknya berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan FISIP Unpas kepada PWI Jabar.

“Sesuai arahan Ketua PWI Jabar Pak Hilman Hidayat, kami akan berusaha untuk membagikan pengalaman kerja di lapangan kepada rekan mahasiswa FISIP Unpas. Semoga dengan adanya kerja sama ini menjadi jembatan antara dunia teori di bangku kuliah dengan dunia nyata di lapangan atau terjadi link and match,” ujar Roberto.

Roberto berharap, kerja sama antara FISIP Unpas dengan PWI Jabar tidak hanya berlangsung sekali ini saja. “Mudah-mudah bisa berkelanjutan dengan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kedua belah pihak,” ujarnya.*