.

PD 3 Besar di Survei Parpol LSN Jelang 2024 & Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Meningkat di Kalangan Gen Z

Caption : Ketua Umum Partai Demokrat AHY dan Hj. Lilis Boy

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Partai Demokrat (PD) masuk tiga besar dalam hasil survei  Lembaga Survei Nasional (LSN) pada 29 Oktober hingga 2 November 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Demokrat hanya kalah suara dari PDI Perjuangan menempati urutan pertama dengan meraih elektabilitas 21,9 persen, dan Gerindra posisi kedua dengan elektabilitas 16,8 persen.

Sedangkan, Partai Demokrat bertengger di urutan 3 Survei LSN menunjukkan posisi Partai Demokrat yang berada di luar pemerintahan, membuat Demokrat terus mendapat simpati publik hasilnya, sebanyak Demokrat 11,6%

Populasi dari survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang minimal berusia 17 tahun dan telah memiliki e-KTP sebanyak 1.230 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (systematic random sampling).

Batas kesalahan (margin of error) sebesar 2,79% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (telesurvey).

Sementara itu Survei Litbang Kompas merilis elektabilitas partai politik berdasarkan pemilih Gen Z di kalangan usia 17-25 tahun. Hasilnya, Partai Demokrat menjadi salah satu partai idaman anak muda karena semakin mendapat perhatian besar.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 24 September-7 Oktober 2022, elektabilitas Partai Demokrat di kalangan pemilih anak muda naik dan berada di 18,4 persen.

Persentase ini menanjak dari survei Litbang Kompas sebelumnya pada Juni 2022, di mana Demokrat dipilih 15 persen Gen Z. Angka tersebut membuat Demokrat tetap berada di posisi kedua dalam tren elektabilitas partai politik berdasarkan pemilih anak muda.

Menaggapi hasil rilis survey yang dilakukan Litbang Kompas tersebut, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Demokrat, Hj. Lilis Boy mengaku optimis dalam mengongsong Pemilu 2024.

“Alhamdulillah, capaian ini patut kita syukuri. Saya optimis pada tahun 2024 mendatang Partai Demokrat akan menjadi harapan dan pilihan masyarakat,” kata Hj. Lilis Boy kepada lenterajabar.com Jumat  (4/11/2022).

Menurutnya capaian ini tak lepas dari beberapa faktor utama yang menunjang kenaikan elektabilitas Demokrat, salah satunya adalah kepemimpinan Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Kepemimpinan Mas AHY yang lebih kolaboratif, terbuka, dan menggunakan pendekatan terukur berbasis data, membuat setiap gerak langkah yang diambil Demokrat, sesuai dengan harapan publik,” ungkapnya.

Anggota Komisi II DPRD Jabar ini juga menilai, Partai Demokrat selalu konsisten menyuarakan berbagai persoalan di masyarakat dengan tagline berkoalisi dengan rakyat .

“Perjuangan menyuarakan aspirasi ini dilakukan secara solid di berbagai lini. Dari menyuarakan aspirasi rakyat di ruang publik, maupun di parlemen, pusat maupun daerah,” pungkas wakil rakyat daerah pemilihan Jabar IV Kabupaten Cianjur ini.(Rie/AdPar)