.

Legislator PAN Raden Tedi Ingatkan Waspada Cuaca Ekstrem, Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan

Caption :  Anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat,Raden Tedi

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan kedepan di sebagian besar wilayah Indonesia. Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer. Kondisi tersebut secara signifikan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem.Mengamati potensi tersebut, BMKG memberikan peringatan dini terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi.

Menyikapi hal tersebut Anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat,Raden Tedi meminta seluruh pemangku kebijakan di daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi cuaca ekstrem tersebut,tutur Legislator daerah pemilihan (dapil) Jabar XI SMS meliputi (Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka). 

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini meminta agar segenap komponen pemerintah daerah segera melaksanakan apel kesiapsiagaan untuk mengecek kesiapan alat, perangkat dan personel dalam menghadapi cuaca ekstrem yang dapat berdampak bencana seperti banjir, banjir bandang, angin kencang dan tanah longsor.

Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana dilakukan bila upaya pencegahan dan mitigasi bencana telah dilaksanakan namun bencana tidak dapat dielakkan untuk terjadi maka perlu upaya kesiapsiagaan. Kesiapsiagaan menghadapi bencana harus dilakukan untuk meminimalkan risiko bencana saat bencana itu terjadi.Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar untuk siaga menanggulangi potensi bencana akibat cuaca ekstrem menjelang akhir Tahun 2022.

Lebih lanjut Raden Tedi menuturkan Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang, gelombang tinggi, dll) dan dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dll.

Dengan melihat kondisi ekstrem yang terjadi saat ini, Rafen Tedi mengapresiasi langkah yang diambil Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan menyatakan BPBD Siaga Satu, untuk itu mengingatkan kepada masyarakat agar waspada terhadap ancaman bencana pungkas lpolitisi partai berlambang matahari bersinar ini.(Rie/AdPar)