.

HUT ke-77 RI, Yana: Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat, Kota Bandung Segera Normal

Caption : Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat menyerahkan bendera sang saka merah putih kepada paskibraka pada upacara HUT ke-77 RI tingkat Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Rabu 17 Agustus 2022. 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,- Sesuai tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, "Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat", Wali Kota Bandung, Yana Mulyana optimis ekonomi, sosial, hingga budaya di Kota Bandung bisa segera kembali normal.

Hal itu diungkapkan Yana usai melaksanakan upacara HUT ke-77 RI tingkat Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Rabu 17 Agustus 2022. 

"Alhamdulilah pandemi semakin mereda, sehingga bisa bangkit kembali sesuai dengan tema peringatan kali ini Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat," katanya.

Namun Yana memegaskan, semua upaya harus diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan.

"Pemulihan ekonomi, kegiatan sosial budaya juga sudah mulai bisa dilakukan mendekati normal, tetapi harus menerapkan prokes," pinta Yana.

Sementara itu, dalam pidatonya Yana menyampaikan, kemerdekaan merupakan anugerah yang bisa menentukan arah perjalanan bangsa tanpa intervensi kekuasaan asing. 

"Jika perjuangan meraih dan mempertahankan kemerdekaan dilakukan dengan mengangkat senjata, saat ini perjuangan harus mengandalkan daya pikir, kerja  keras, integritas hingga kedisiplinan yang tinggi serta mengembangkan kreativitas dan inovasi yang bernilai sosial ekonomi dan budaya," bebernya.

Apalagi saat ini, kata Yana, masih menghadapi Covid-19. Sehingga seluruh potensi bangsa dituntut terlibat mengatasinya. Termasuk membantu memulihkan kehidupan ekonomi. 

"Oleh karena itu peringatan HUT ke-77 RI harus menjadi momentum penguatan semua komponen masyarakat dan pemerintahan untuk menuntaskan pandemi sekaligus bangkit meraih masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Terkait pemulihan ekonomi, Yana mengimbau warga Kota Bandung untuk membiasakan diri berbelanja di warung terdekat atau ke tetangga.

"Upaya ini yang disebut sebagai pemulihan dan aktualisasi nilai kejuangan seperti yang diwariskan para pahlawan agar kita bisa kembali pada kehidupan yang normal dan lebih kompetitif," ujarnya. (Rie/Red)