.

DPRD Jabar Apresiasi Wajah Baru Situ Ciburuy Hasil Revitalisasi

Caption : Komisi 4 DPRD Provinsi Jawa Barat saat meninjau Situ Ciburuy Padalarang

KABUPATEN BANDUNG BARAT.LENTERAJABAR.COM
,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Ciburuy  yang sudah selesai direvitalisasi di Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (13/8/2022).

Kini, wajah baru destinasi wisata Situ Ciburuy secara keseluruhan tampak lebih cantik dan tertata rapi tanpa mengesampingkan fungsi air baku dan irigasi.

"Revitalisasi Ciburuy selesai, yang dulu kurang tertata, warung-warungnya kumuh sekarang sudah bisa dilihat rapi, bersih, warga bisa berinteraksi dengan nyaman, UMKM-nya juga kita fasilitasi," ujar Ridwan Kamil.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Drs.H. Daddy Rohanady memberikan apresiasi, kepada  pemerintah provinsi yang telah turut berkontribusi dalam upaya penataan Situ Ciburuy yang menjadi salah satu dari sekian banyak potensi pariwisata di Jawa Barat.

Penataan dan revitalisasi Ciburuy seluas 41 hektare telah dirancang sejak 2019 lalu dan sempat terhenti ketika pandemi. Namun program dilanjutkan pada 2021 dalam dua tahap dan pada tahun ini yang meliputi pengerukan lumpur, Pekerjaan Landscape/Plaza Tahap 1, dan Pekerjaan Penataan Sempadan Situ dan Bangunan.


Caption : Anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Jawa Barat Drs,H.Daddy Rohanady (kiri-baju safari coklat) saat meninjau Situ Cuburuy Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat (foto Istimewa) 

Namun, proses penganggaran saat ini dialihkan untuk percepatan penangaman Pandemi Covid-19 di Jawa Barat. Karena Pandemi Covid 19,Total anggaran Rp32 miliar dari APBD Provinsi Jabar, maka anggaran baru kembali dianggarkan  pada tahun 2021 sebesar Rp 32 miliar, tambah Daddy.

Menurut Daddy, penataan yang dilakukan membangun taman, dan lampu-lampu taman. Tanggul penahan tanah, serta pintu air yang tidak berfungsi.

Kemudian, penataan warung-warung dipinggir Situ, sarana parkir dan transportasi bus dari dan ke Situ Ciburuy. Juga pengelolaan masalah keamanan dengan baik supaya wisatawan terasa dan terjamin keamanan serta kenyamanannya ketika berkunjung ke Situ,

Dikatakan, kedepan Situ Ciburuy tidak hanya berfungsi sebagai penampungan air irigasi, juga dapat dimanfatkan oleh masyarakat sebagai pusat wisata air dan menarik para wisatawan.

Diketahui, Situ Ciburuy terdapat di Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat digunakan untuk irigasi Revitalisasi situ yang memiliki kapasitas tampung air 1,2 juta kubik dengan kapasitas penyimpanan sekitar 4 juta m3 sedangkan daerah tangkapan situ diperkirakan 6,3 km2. (Rie/Red)