.

Usai Menjalankan Tugas Amirul Hajj,Gubernur Ridwan Kamil Pulang ke Indonesia

Caption : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil i Amirul Hajj Provinsi Jawa Barat

ARAB SAUDI.LENTERAJABAR.COM
, -- Setelah menyelesaikan tugas sebagai Amirul Hajj Provinsi Jawa Barat dan berhaji atas nama Emmeril Kahn Mumtadz di Tanah Suci, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pulang ke Indonesia pada Senin (18/7/2022) pagi waktu setempat. 

"Hari Ahad atau Hari Minggu ini hari terakhir saya beribadah di Tanah Suci, besok Senin subuh sudah kembali pulang terbang ke Tanah Air tercinta. Semoga selamat sampai rumah," tulis Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- di akun instagram pribadinya. 

Sebagai Amirul Hajj, Kang Emil bertugas mengawal dan memastikan sekitar 17.000 jemaah haji asal Jabar mendapatkan pelayanan  maksimal. Sebelum melakukan wukuf di Arafah dan lempar jumrah, Gubernur rutin mengunjungi penginapan  untuk menyapa dan memastikan jemaah haji mendapatkan pelayanan optimal dan menjalankan ibadah haji dengan khusyuk.  

Selain itu, Kang Emil juga sempat menjenguk sekaligus menyemangati salah satu jemaah asal Subang, Winingsih, yang sedang terbaring karena stroke. Ia pun sempat makan bala-bala dan bakso bersama. 

"Tugas menjadi Amirul Hajj Jawa Barat sudah dilaksanakan semaksimal mungkin. Berbagai koordinasi dan aksi melancarkan kegiatan jamaah haji sudah dilakukan dan terus dikerjakan dengan koordinasi dengan tim pendamping haji daerah," tulis Kang Emil. 

"Tugas kedua melakukan badal haji atas nama Eril selesai sudah. Haji Emmeril Kahn Mumtadz, sudah menyempurnakan rukun Islam ke-5 nya melalui fisik dan jiwa saya ayahnya. Setiap rukun dan ibadah saya kerjakan, seolah-olah almarhum yang melakukannya sendiri. Termasuk wasiatnya ingin berkurban di Palestina juga sudah ditunaikan," imbuhnya. 

Kang Emil pun berharap semua masyarakat Indonesia, khususnya Jabar, yang berhaji pada tahun ini menjadi haji mabrur. 

"Selamat untuk semua jemaah haji Indonesia yang beruntung Allah panggil dan mudahkan urusannya dengan berhaji tahun 2022 ini. Semoga semua menjadi Haji Mabrur dan Hajjah mabrurah," tulisnya. (Rie/Sbr)