.

Kabar Baik,Kembali Beroperasi! Catat Rute Bus Sekolah Gratis di Kota Bandung

Caption : Bus sekolah  siap mengantarkan pelajar

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Memasuki tahun ajaran baru, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyediakan fasilitas berupa bus sekolah gratis sebanyak empat unit. 

Bus sekolah ini bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengurai kemacetan di Kota Bandung.

Terdapat empat koridor rute yang dioperasikan sejak Senin, 18 Juli 2022. Koridor 1 rute mulai dari Antapani - Ledeng. 
Koridor 2 dari Leuwipanjang - Dago. Koridor 3 dari Cibiru - Alun alun. Lalu, Koridor 4 dari Cibiru - Cibeureum.

Jika warga Bandung ingin mencoba pergi ke sekolah dengan bus ini, silakan simak rute dan jam operasional berikut.

Bus sekolah dengan kode BS01 melalui rute Antapani - Ledeng. Untuk ke arah Antapani, bus sekolah akan melewati Terminal Ledeng - Jalan Dr. Setiabudi - Cihampelas - Wastukancana - RE. Martadinata - Perintis Kemerdekaan - Ahmad Yani - Ibrahim Adjie - Terusan Jakarta - dan berakhir di Terminal Antapani.

Sedangkan ke arah Ledeng, bus ini akan berangkat dari Terminal Antapani - Jalan Terusan Jakarta - Jakarta - Supratman - Riau - Wastukancana - Cihampelas - Setiabudi - berakhir di Terminal Ledeng.

Lalu, bus BS02 akan melewati rute Dago - Leuwipanjang. Untuk arah ke Leuwipanjang dimulai dari Unpad Dipatiukur - Jalan Ir. H. Juanda - Merdeka - Tamblong - Lembong - Lengkong Kecil - Lengkong Besar - Otto Iskandardinata - Peta -Leuwipanjang.

Sedangkan bus yang mengarah ke Dago akan dimulai dari Terminal Leuwipanjang - Jalan Kopo - Peta - Moh. Ramdan -Karapitan - Sunda - Sumbawa - Belitung - Aceh - Seram -Hasanudin - Unpad Dipatiukur

Kemudian, bus sekolah BS03 akan beroperasi untuk koridor rute Cibiru - Alun-alun. Dimulai dari Bunderan Cibiru - Jalan Soekarno Hatta - Buahbatu - Gurame - Asia Afrika - Alun-alun Bandung.

Sebaliknya dari arah Alun-alun menuju Cibiru melewati Jalan Otto Iskandardinata - Inggit Ganarsih - Pungkur - BKR - Pelajar Pejuang 45 - Buahbatu - Soekarno Hatta - Bunderan Cibiru.

Sementara itu, bus sekolah BS04 akan beroperasi untuk rute Cibiru - Cibeureum/Elang. Pada arah menuju Halte Elang, akan melewati Bundaran Cibiru - Jalan Soekarno Hatta - Sudirman - Rajawali Barat - Elang.

Lalu, pada arah ke Cibiru, bus akan beroperasi dari Jalan Rajawali Barat - Soekarno Hatta - Bundaran Cibiru.

Untuk jam operasionalnya, seluruh koridor bus sekolah akan mulai berjalan dari pul Gedebage pukul 05.45 WIB. Sedangkan, pada masing-masing koridor terbagi menjadi beberapa waktu.

-Koridor 1 dari Leuwipanjang dimulai pukul 10.25 WIB.
-Koridor 2 dari Antapani dimulai pukul 10.35 WIB.
-Koridor 3 akan dimulai dari Gedebage dimulai pukul 10.20 WIB.
-Koridor 4 akan dimulai dari Gedebage dimulai pukul 10.30 WIB.

Meski koridor 3 dan 4 titik kumpul ujungnya di Cibiru, tapi karena tak ada tempat untuk transit, bus diberangkatkan dari persimpangan Gedebage.

Untuk kapasitasnya, pada unit bus di koridor 1, 2, dan 4 maksimal bisa membawa penumpang sampai 70 orang. Sedangkan pada koridor 3 hanya sampai 35 orang.

Bus ini akan terus beroperasi sesuai dengan hari sekolah anak-anak di Kota Bandung. Anda bisa menaiki bus tersebut di halte-halte yang tersedia sepanjang jalur rute yang ada. (Rie/Red)