.

Pemkot Bandung Tanam 860 Pohon serta Tata Bantaran Sungai Cikapundung

Caption : Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat menanam pohon di bantaran Sungai Cikapundung,Kecamatan Batununggal, Senin, 6 Juni 2022.

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Bertepatan dengan momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berkolaborasi menanam 860 pohon di bantaran Sungai Cikapundung, Kecamatan Batununggal, Senin, 6 Juni 2022.

"Mudah-mudahan dengan kita melakukan penataan seperti ini, bisa mengurangi titik banjir di Kota Bandung, salah satunya dengan penanaman pohon," ujar Wali Kota Bandung, Yana Mulyana seusai acara.

Yana berharap, ke depannya lokasi ini bisa menjadi ruang publik bagi masyarakat. 

"Semoga bisa kita lanjutkan demi menjaga bumi ini, terutama Kota Bandung bagi anak dan cucu kita," ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kehutanan Jabar, Dodit Ardian Pancapana menyampaikan, target jumlah pohon yang akan ditanam di bantaran Sungai Cikapundung Kecamatan Batununggal sebanyak 2.000 pohon.

"Penanaman ini sebagai ikhtiar kolaborasi antara Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung untuk menjaga keseimbangan alam. Targetnya kami ada 2.000 pohon di Kecamatan Batununggal," jelas Dodit.

Sedangkan Camat Batununggal, Tarya mengatakan, selain menanam pohon di bantaran Sungai Cikapundung, mereka juga membudidayakan lebah trigona.

Wali Kota Bandung juga sempat mencicipi hasil madu dari budi daya lebah trigona ini. Rasanya lebih asam dibandingkan madu dari lebah biasanya dan sangat tinggi antioksidan.

"Lebih efektif pakai lebah trigona kalau mau panen di daerah perkotaan. Sebab lebahnya tidak menyengat. Pakannya juga mudah, dari bunga-bungaan di sekitar saja," ucap Tarya.

Selain itu, Tarya menambahkan, rencananya daerah ini juga dibuat taman 'siwal' (sisi walungan), pembangunan sarana jalur BMX, dan taman air.

"Semuanya sedang proses. Kami juga berharap Pemkot Bandung bisa bantu membuat pagar pengamanan karena di sini banyak anak-anak. Supaya lebih aman," imbuhnya.(Rie/Red)