.

Pemkot Bandung Gelaran Piala Presiden, Batasi Penonton di GBLA Hanya 15 Ribu Kursi

Caption : Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gede Bage  Kota Bandung.

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, – Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) akan menjadi salah satu lokasi pertandingan Piala Presiden 2022. Turnamen tersebut rencananya digelar mulai 11 Juni hingga 17 Juli 2022.

Polisi telah mengeluarkan izin untuk turnamen Piala Presiden 2022 yang akan berlaga di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gede Bage Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan bahwa pihaknya siap jika GBLA digunakan untuk pertandingan. 

"Kami terus menyiapkan GBLA supaya layak untuk digunakan baik untuk piala presiden maupun liga 1," kata Yana di Balai Kota Bandung, Kamis (9/6/2022).

Meski begitu, Yana memastikan bahwa pihaknya tidak akan mengizinkan penggunaan kapasitas maksimal dari GBLA. Menurutnya kapasitas penonton di GBLA mencapai 37 ribu.

"Kalau total itu kan bisa mencapai 37 ribu, ada tribun atas dan tribun bawah, yang paling banyak itu kan tribun atas," ungkapnya.

Untuk perhelatan Piala Presiden kali ini, Pemkot Bandung hanya akan mengizinkan penggunaan tribun bawah.

"Tribun bawah itu kapasitas 15.500 kursi, sisanya tribun atas, keliatan baru bisa merekomendasikan tribun bawah," Jelasnyanya.

Kabid Humas Polisi Daerah (Polda) Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan,“Izinnya sudah keluar, sekarang tinggal pelaksanaan pengamanannya,” ucap di Bandung.

Ibrahim memastikan untuk penyelenggaraan Piala Presiden dengan tuan rumah di Bandung akan berlangsung di Stadion GBLA. Kepastian itu juga berdasarkan hasil rapat koordinasi.

“Iya di sana (GBLA),” tutur dia.

Untuk teknis pengamanan, sambung Ibrahim, pihaknya mengedepankan Polrestabes Bandung. Polda Jabar akan membekup pengamanan.

“Pokonya kita siapkan ribuan personel, nanti Polrestabes yang dikedepankan,” jelasnya.

Seperti diketahui, Piala Presiden akan segera bergulir. Bandung menjadi salah satu daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran pramusim itu.

Adapun rencananya, ada empat tim yang berlaga di Bandung yakni Persib Bandung, Bali United, Persebaya Surabaya dan Bhayangkara. Rie/Red)