.

Firdaus Memorial Park Bukan Pemakaman Viral Harga Selangit


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Pemakaman kini tak hanya menjadi fasilitas pelengkap, tapi juga menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Melihat peluang ini, berbagai vendor penyedia lahan makam pun bermunculan menawarkan harga yang fantastis. Mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Hal tersebut dianggap wajar, sebab tak hanya menyajikan keasrian dan kenyamanan bagi pengunjung tapi juga dilengkapi fasilitas lain. Mulai dari lokasi strategis dengan pemandangan yang indah, titik kavling yang privat, hingga berbagai fasilitas lainnya.

Pemakaman pun kini beralih image. Menjadi tempat elit yang hanya dihuni oleh orang-orang kelas atas, bukan dari kalangan biasa.

Menjadi solusi di tengah tingginya harga makam dan stigma makam hanya dihuni orang berpunya, Sinergi Foundation menghadirkan program Taman Pemakaman Muslim berbasis wakaf, Firdaus Memorial Park (FMP).

FMP sejak awal berdiri (2013), adalah sebentuk kepedulian akan minimnya dan mahalnya lahan pemakaman untuk kaum dhuafa. Sebab biaya pengurusan jenazah hingga pemakaman yang harus dibayarkan kaum dhuafa bisa jadi sebanding dengan biaya hidup bulanan bagi mereka.

Maka diusunglah skema wakaf dalam pemakaman ini. Seperti hakikat wakaf pada dasarnya, yaitu investasi harta dari para pewakaf untuk dialirkan manfaatnya kepada yang berhak menerima. Yang bisa menikmati pemakaman ini bukan hanya para pewakaf yang mewakafkan hartanya, tetapi juga diperuntukkan bagi kaum dhuafa secara gratis.

Meski pewakaf mendapat benefit untuk memanfaatkan kavling makam namun salah besar jika mengira para pewakaf bisa memesan lahan khusus sesuai keinginannya.



Pemakaman FMP dibuat sama, tidak ada stratifikasi yang membedakan satu sama lain. Sebagaimana tuntunan syariat dalam Islam. Tidak ada hiasan berlebih kecuali nisan sebagai penanda.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW, dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma dia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melarang mengapur kuburan, duduk di atasnya, dan membuat bangunan di atasnya,” (HR Muslim)

Meski di Firdaus Memorial Park tidak ada transaksi jual-beli kavling pemakaman karena berbasis wakaf, namun kawasan pemakaman muslim FMP senantiasa terawat dan terjaga sehingga jauh dari kesan angker dan terbengkalai. Pun pelayanan terbaik senantiasa diberikan oleh FMP selama 24 jam. Baik itu pemulasaraan untuk pewakaf maupun dhuafa.

Keindahan sekaligus pelayanan terbaik yang ditawarkan FMP barangkali dapat mematahkan dua persepsi yang seringkali berkembang tentang pemakaman di tengah masyarakat. Pertama, meski tempat bersemayamnya banyak jenazah, FMP jauh dari kesan mistis. Kedua, meski terlihat mewah, FMP bukanlah pemakaman khusus orang kaya.

Dengan menerapkan skema wakaf di FMP, insya Allah akan menjadi tabungan amal bagi pewakaf yang dapat mengalirkan kebaikan tak terputus di dunia tapi juga mengalir hingga akhirat, selama pemakaman masih terjaga.

Taman Wakaf Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park merupakan program pemakaman berbasis wakaf dari Sinergi Foundation yang mengusung konsep asri, nyaman, dan sesuai syariah.

Menerapkan konsep wakaf, Firdaus Memorial Park menghadirkan pemakaman bagi si kaya dan si miskin dalam kompleks pemakaman yang sama. Dengan turut serta dalam program ini, pewakaf akan mendapat benefit berupa kavling pemakaman untuk dirinya dan keluarga, serta turut menyediakan pemakaman gratis bagi masyarakat dhuafa.

Saat ini Firdaus Memorial Park telah hadir di 3 titik yakni Cikalong Wetan - Kabupaten Bandung, Ujung Berung - Kota bandung, dan Tamansari - Bogor. (Red/**)