.

Aleg Hj Sumiyati Apresiasi Program Smiling West Java Ambassador

Caption : Anggota Legislatif (Aleg) Komisi III DPRD Jawa Barat, Hj.Sumiyati,S.Pd.I.M..I.Pol,

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Sektor wisata merupakan salah satu sektor sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD),seperti Jawa Barat banyak memiliki objek wisata untuk itu keberadaan Objek Daerah Tujuan Wisata (ODTW) harus gencar dilakukan sosialisasi dan promosi sehingga banyak wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnu) tertarik untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Dalam upaya mendongkrak kunjungan wisatawan ke daerah Jawa Barat pihak Disparbud Jabar akan memilih sebanyak 108 Ambasador yang yang akan dikontrak selama 8 bulan, yakni dari April – November 2022. Selama masa kontrak, Ambasador akan melakukan eksplorasi dan mempromosikan 108 destinasi wisata prioritas Jabar.

Untuk 108 Ambasador dan 108 destinasi wisata itu akan dibagi ke dalam 27 klaster. Setiap klaster terdiri dari empat hingga lima orang dan destinasi wisata, sehingga tiap Ambasador akan mengunjungi empat sampai lima destinasi wisata.

Setiap Ambasador akan mendapatkan nilai kontrak eksklusif dengan Disparbud Jabar, jalan-jalan dan  eksplorasi wisata gratis. Termasuk mendampingi gubernur dalam peresmian tempat wisata.

Anggota Legislatif (Aleg) Komisi III DPRD Jawa Barat, Hj.Sumiyati,S.Pd.I.M..I.Pol, mengapresiasi dengan diadakannya  Program Smiling West Java Ambassador yang mendapat respon positif  masyarakat dalam ajang tersebut. 

Menurutnya, para calon ambasador yang mendaftar dapat mengeksplorasi destinasi wisata yang ada di Jawa Barat.ungkap politisi perempuan partai berlambang banteng moncong putih ini  saat di minta tanggapan melalui melalui telepon selulernya Selasa 5 April 2022.

“Tentunya, ini agenda yang sangat baik bagi eksistensi pariwisata di Jawa Barat. Terutama dari sisi peningkatan promosinya agar bagaimana destinasi wisata yang ada di Jawa Barat ini dikenal luas,”kata anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat yang membidangi keungan salah satu mitra kerjanya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yaitu PT Jasa dan Kepariwisataan (Jaswita) Jabar .

Keterlibatan para pegiat media sosial dan content creator, kata dia, akan semakin menambah gairah promosi sektor pariwisata. Para kandidat ambasador menjadi ujung tombak pengembangan potensi wisata Jawa Barat.

“Nanti ke depan para ambasador ini bisa menjadi pioneer wisata. Bagaimana mereka  mengembangkan potensi wisata yang ada termasuk destinasi wisata yang tersembunyi. Ini bisa digali dan dipromosikan. Harapannya, wisatawan semakin banyak yang datang,”ujarnya seraya menambahkan dengan banyak wisatawan tentunya berdampak pada pendapatan daerah. .

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Disparbud Jabar pada 15 Februari 2022 telah meluncurkan Program SWJ Ambassador dalam rangkaian Acara Peluncuran Calendar of Event (COE) West Java 2022.(Rie/AdPar)