.

PWI Kota Bandung Sukses Gelar UKW Dua Angkatan 45-46 Tahun 2022

          Caption : Penguji,panitia dan peserta UKW angkatan 45-46 tahun 2022 foto bersama                                                                 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) selama dua hari sejak Selasa - Rabu (1-2/3/2022) di El Royal Hotel Bandung. 

UKW angkatan 45-46 tahun 2022 ini dibuka secara resmi oleh Plt. Walikota Bandung serta diikuti puluhan wartawan sebagai peserta dengan tingkatan atau klasifikasi Muda, Madya dan Utama. Peserta pun tak hanya berasal dari wartawan Kota Bandung, namun ada beberapa diantaranya dari luar kota seperti Bekasi, Jawa Tengah dan kota besar lainnya.

Dalam sambutan Plt. Walikota Bandung Yana Mulyana melalui Kadiskominfo Yanyan Brilliana mengatakan media merupakan mitra strategis Pemkot Bandung, yang selama ini banyak membantu program pembangunan melalui pemberitaan dan publikasi yang membangun.

'Media merupakan salah satu mitra strategis Pemkot Bandung, tanpa media mustahil kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung dapat tersosialisasi. 

"Karena itu, melalui UKW ini, tentunya diharapkan menghasilkan wartawan profesional dan berintegritas," paparnya.

Karena itu, pihaknya berharap, sinergitas yang sudah terbangun baik selama ini, dapat terus ditingkatkan.

"Melalui kolaborasi, apa yang ingin dicapai, tentunya akan semakin mudah dan menghasilkan sesuatu yang baik, termasuk pembangunan kota Bandung," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Bandung, Hardiyansyah SH menjelaskan, kegiatan UKW merupakan agenda tetap PWI Kota Bandung.


Caption : etua PWI Kota Bandung, Hardiyansyah SH

PWI Kota Bandung, sambungnya, setiap tahun mengadakan UKW, yang bertujuan menciptakan dan menghasilkan wartawan profesional dan menjunjung tingi Kode Etik Jurnalistik. 

Saya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada para penguji, panitia yang telah berkorban waktu dan tenaga, demi kesuksesan acara ini. Serta kepada rekan rekan yang dinyatakan kompeten pada UKW ini, saya ucapkan selamat, bagi yang belum lolos, agar tidak berkecil hati, perbaiki kekurangan-kekurangan apa saja selama UKW, karena masih ada kesempatan enam bulan ke depan untuk kembali ikut UKW lagi," papar Andhy sapaan akrabnya.

Sedangkan Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat berharap dengan pelaksanaan UKW ada transfer knowledge dari para penguji yang tentunya bermanfaat dan dapat menjadi bekal bagi para peserta dalam melaksanakan tugas profesinya, baik sebagai wartawan, redaktur maupun pemimpin redaksi.

Pada UKW kali ini, tingkat kelulusan atau peserta yang dinyatakan kompeten sebesar 98 persen, hal itu diketahui usai Wawan Djuarna, perwakilan PWI Pusat mengumumkannya di akhir acara.

"UKW kali ini cukup baik, karena dari penilaian akhir, kelulusan peserta mencapai 98 persen. Jadi menurut kami, UKW ini sangat bagus, karena biasanya hanya 80-85 persen termasuk UKW yang digelar di beberapa daerah beberapa waktu lalu," bebernya.

Sedang diungkapkan Ketua Panitia UKW, Asep Budi Heryanto bahwa animo peserta untuk mengikuti UKW tahun 2022 ini sangat besar, namun dikarenakan situasi pandemi maka panitia membatasi agar UKW dapat berjalan aman dan tertib.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi serta terimakasihnya kepada pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya UKW diantaranya Pemerintah Kota Bandung, bank bjb, bjb syariah, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), serta Pos Indonesia. (**)