.

Waket Achmad Ru'yat : Program Sambung Rasa DPRD DIY , Inovasi yang Patut di Contoh

Caption : Wakil Ketua (Waket) DPRD Provinsi Jawa Barat Achmad Ru'yat 

YOGYAKARTA.LENTERAJABAR.COM
,-- Program Sambung Rasa kepada masyarakat yang dilakukan oleh Pimpinan DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan suatu inovasi yang efektif.

Pasalnya, Pimpinan DPRD bisa menyapa masyarakat selama sepuluh kali dalam setahun.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua (Waket) DPRD Provinsi Jawa Barat Achmad Ru'yat saat melaksanakan studi komparasi ke DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Badan Anggaran DPRD Jabar. Selasa, (8/2/22).

Achmad Ru'yat menilai, program Sambung Rasa sangatlah menarik untuk dipelajari. Jadi pimpinan DPRD terjun langsung kepada masyarakat dan mengetahui apa yang menjadi permasalahan ditengah masyarakat.

Kemudian, Ru'yat menyebut, berbagai inovasi program tersebut terlahir berkat komunikasi yang efektif bersama pihak eksekutif.

Terutama terkait kebijakan anggaran yang bisa melahirkan berbagai program-program andalan.

"Yang kami soroti, Yogyakarta ini memiliki perencanaan anggaran yang matang, terutama terkait APBD dan DIY ini mendapatkan bantuan khusus dengan keisitimewaannya," tuturnya.

Kemudian yang menjadi sorotan ialah terkait anggaran internal di Yogyakarta yang membuat formulasi penyusunan anggaran DPRD, sehingga DPRD lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat.

Ru'yat berharap, kedepan DPRD Jabar bisa mengikuti jejak langkah yang dilakukan oleh DPRD DIY.

Terlebih, saat ini Jawa Barat sedang melakukan perencanaan anggaran untuk Tahun 2023 dan dalam proses menuju penetapan RKPD.

"Saya harap kita mampu mengikuti program yang dilakukan mereka, seperti Sambung Rasa itu, apalagi kalau dilakukan oleh semua anggota DPRD tidak hanya dilakukan oleh pimpinan," tutup Ru'yat.(Rie/Adv)