.

Adiyana Slamet Terpilih Jadi Ketua IKA FISIP Unpas,Siap Kembangkan Potensi Alumni

Caption : Adiyana Slamet Ketua IKA FISIP Unpas untuk masa bakti 2022-2027 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-Silaturahmi dan Musyawarah Besar Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pasundan (Unpas) memilih dan menetapkan Adiyana Slamet jadi Ketua IKA FISIP Unpas untuk masa bakti 2022-2027 acara di gelar di Aula Suradireja, Lengkong Besar No 68, Kota Bandung, Sabtu (19/2/2022).

Saat ini Adiyana Slamet menjabat Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar. merupakan calon tunggal. Meski demikian, mulai dari proses sosialisasi, kemudian penjaringan hingga penetapan sudah ia tempuh sesuai mekanisme yang ditetapkan panitia.

"Semua tahapan sudah dilakukan melalui media sosial karena masih pandemi Covid-19, mulai dari penjaringan hingga penetapan calon dan disaksikan perwakilan Prodi," ucap Adiyana saat ditemui di sela-sela acara Silaturahmi dan Musyawarah IKA Fisip Unpas masa bakti 2022-2027 dengan tema Menjadikan IKA Fisip Unpas Sebagai Episentrum Kolaborasi, Aksi dan Pengembangan Potensi Alumni yang Nyunda, Nyantri dan Nyakola.

Adiyana mengungkapkan, ikatan keluarga adalah rasa kebanggaan alumni terhadap almamater. Menurutnya, Unpas merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Jawa Barat. Maka dari itu, sudah seharusnya kita bersama-sama (alumni) membesarkan rumah besar Fisip Unpas.

Adiyana mngungkapkan, ikatan keluarga adalah rasa kebanggaan alumni terhadap almamater. Menurutnya, Unpas merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Jawa Barat. Maka dari itu, sudah seharusnya kita bersama-sama (alumni) membesarkan rumah besar Fisip Unpas.

Kemudian, sambung Adiyana, kedepannya ia akan melaksanakan konsolidasi di tataran internal dan mendata ulang para alumni yang saat ini tersebar.


Caption : Adiyana Slamet Ketua IKA FISIP Unpas saat menerima bendera almamater

"Alumni Fisip Unpas ini (berceceran). Jadi tugas saya harus yaitu konsolidasi internal dan menginformasikan bahwa IKA Fisip Unpas sudah terbentuk. Agar kedepannya para alumni bisa secepatnya melakukan pengabdian," paparnya.

Adiyana menjabarkan, IKA Fisip Unpas bukan hanya sebuah wadah atau menampung para alumni. Namun jauh dari itu tujuannya melakukan pengabdian, pengembangan SDM yang nanti akan bermuara untuk berkontribusi dan membantu membesarkan kampus.

"Kedepan kita harus bisa membuktikan. Kita adalah kelompok intelektual yang bisa bersinergi dengan siapapun untuk menyukseskan kebijakan-kebijakan yang baik yang tidak lepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat," terangnya.

Terkait agenda pada Agustus 2022 yakni pemilihan Ketua IKA UNPAS, Adiyana menegaskan, hingga saat ini dirinya akan fokus pada program yang diemban, terutama membenahi dan mendata para alumni Fisip Unpas.

"Menurut saya, Fisip itu miniaturnya Unpas, karena dinamika yang dinamis, banyak tokoh dilahirkan dan lainnya. Soal maju jadi calon Ketua Umum IKA Unpas kita akan coba matangkan program-program yang dibutuhkan alumni," tuturnya.

"Kita lihat nanti. Tapi banyak dorongan dan saya amati kawan-kawan ingin ada yang dari Fisip untuk jadi Ketua IKA Unpas," tandasnya.

Sementara itu Dekan Fisip Unpas, Dr. M Budiana menambahkan, jika nanti sudah terbentuk kepengurusan IKA Fisip Unpas diharapkan bisa bermitra dengan Fakultas karena itu yang dibutuhkan apalagi dalam konteks Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka.

"Secara Formal keberadaan IKA ini sangat penting dalam mendorong pengembangan kampus, apalagi peran alumni sangat dibutuhkan bagi para junior-junior di kampus baik itu bimbingan, arahan atau dalam sebuah ruang diskusi,"pungkasnya.**