.

Sinergi Foundation Gulirkan Program Perelek Desa Sedekah di wilayah Kertasari Kabupaten Bandung

Caption: Sinergi Foundation dengan merilis program desa sedekah.(foto Dok Sinergi Foundation)

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-Di zaman dahulu, ada tradisi memasang perelek (potongan bambu) di rumah-rumah warga kampung. Di dalamnya diisi beras dan uang receh. Setiap minggu, uang dikumpulkan lalu disalurkan untuk masyarakat membutuhkan.

Tradisi gotong royong ala masyarakat desa ini kembali dihidupkan oleh Sinergi Foundation dengan merilis program desa sedekah. Sebelumnya Program ini diinisiasi di daerah Banyuwangi dan tasikmalaya lalu kemudian di inisiasi kembali di wilayah Kertasari Kab. Bandung yang diresmikan 3 Februari 2022.

"Tujuannya untuk memantik semangat berbagi masyarakat kepada orang yang lebih membutuhkan," tutur Ihsan, pendamping program Desa Sedekah – Lumbung Desa Sinergi Foundation.

Ia melanjutkan, tradisi perelek sudah hampir musnah disebagian wilayah desa tak terkecuali di wilayah Kabupaten Bandung. Keberadaan Desa Sedekah ini dibangkitkan lagi dengan pengelolaan manajerial yang jauh lebih baik.

"Semoga keberadaan program ini bisa meningkatkan kesejahteraan, dan tentunya bisa benar-benar menurunkan angka pra-sejahtera di kampung Parawan," katanya.

Usai peresmian program perelek di Desa Sedekah, tim Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) dari Sinergi Foundation pun turut meramaikan acara ini. Selain dapat leluasa memeriksakan kehamilan gratis, mereka juga mendapat penyuluhan seputar Kesehatan dan santunan sembako.**